Bengkel Suzuki |
Yaruki!!!!
Hallo sahabat suzuki, bagaimana kondisi kendaraanya sekarang?? sudah lakukan perawatan berkala belum?? Oke selalu bukan kendaraannya??.
Hallo sahabat suzuki, bagaimana kondisi kendaraanya sekarang?? sudah lakukan perawatan berkala belum?? Oke selalu bukan kendaraannya??.
Baiklah, seperti yang penulis janjikan
kemarin mengenai pembahasan SELF SERVICE, penulis akan coba mengulas
tentang self service.
Dalam perawatan kendaraan tentunya
tidak semua orang bisa dan mampu melakukannya sendiri sehingga harus
datang dan meminta bengkel resmi untuk melakukannya.
Pertanyaannya, bagaimana dengan
pemeriksaan yang ringan saja? Masa harus ke bengkel juga,,,kemudian
bagaimana dengan orang yang gak punya waktu alias super sibuk? Mana
ada waktu ke bengkel,,,nah oleh karena hal tersebut, sebenarnya ada
pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri dan tidak menyita waktu hanya
beberapa point yang sangat penting dari kendaraan kita yang bisa kita
lakukan sendiri pengecekannya, kami di suzuki terutama di workshop
sering kami namakan self service, Apa sih self service itu???
Ya, dari namanya juga kita pasti sudah
menduganya, self service adalah pekerjaan ringan atau pemeriksaan
ringan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri.
Berikut adalah
pekerjaan dari self service tersebut :
1.Pemeriksaan oil engine
Jangan remehkan kondisi oil engine ini,
sudah banyak kasus fatal yang terjadi gara gara oil engine kurang,
Anda tahu?? fungsi engine oil bukan cuma melumasi bagian bangian
terpenting dari kendaraan tapi menjadi pembersih sekaligus pendingin
engine.
Dalam oil selain mengandung base oil
juga terdapat zat detergen yang berfungsi membersihkan permukaan yang
di laluinya, anda ingin bukti?? coba anda perhatikan, jika setelah
anda mengerjakan pekerjaan bengkel pastinya tangan anda kotor,
cobalah tangan anda yang kotor gosok dengan oil, tangan anda yang
anda gosok akan besih, hanya saja akan tampak mengkilap karena masih
terdapat base oil (oil film) yang melumasi.
2.Pemeriksaan minyak rem (brake fluid)
Seperti anda ketahui rem adalah nyawa
dari pengemudi, sehingga selalu pastikan bahwa minyak rem dan kerja
system rem dalam kondisi prima, jika kurang tambahkan minyak rem yang
sama jenisnya, untuk produk suzuki kami menyediakan brake fluid DOT 3
berwarna bening/gak berwarna. Satu hal dari minyak rem ini adalah
jangan mencampur minyak yang tidak sejenis walaupun sesama DOT 3, hal
ini di karenakan zat pewarna dalam minyak tidak sama sehingga senyawa
tidak dapat tercampur dengan baik. Pada akhirnya akan merusak karet
rem dan menjadi bocor.
3.Pemeriksaan minyak kopling ( clutch
fluid)
pemeriksaan ini hampir sama dengan
pemeriksaan minyak rem pada bahasan sebelumnya, namun tidak semua
kendaraan suzuki terutama yang memakai kopling system fluida namun
memakai cable clutch.
4.Pemeriksaan air radiator
Sering kita mengabaikan system yang
satu ini, padahal system ini juga sangat penting. Yang harus kita
perhatikan adalah cek kapasitas air radiator cukup atau kurang, jika
kurang tambahkandengan air yang netral dengan kata lain air yang
tidak mengandung kapur atau garam, disarankan agar memakai air
radiator yang telah di campur dengan coolant, sekarang ini telah
banyak di jual di toko toko air radiator yangtelah di campur dengan
coolant (mix coolant), sehingga kita juga dapat menyediakan selalu
air coolant ini.
Peringatan : Jangan membuka tutup
radiator dalam keadaan engine panas.
5.Pemeriksaan battery ( accu)
Battery adalah salah satu hal yang
terpenting, sebab jika battery rusak(soak) atau low batt percayalah
anda akan sangat kerepotan karena harus dorong kendaraan setiap anda
mau starting engine, padahal pemeliharaan battery ini cukup simple.
Dari pengalaman penulis, 90 % kendaraan mogok disebabkan battery
rusak atau battery low(soak). Battery ada 2 macam yaitu battery
kering dan battery basah.
Berikut cara pemerliharaannya :
a. Battery basah
Perhatikan kondisi air
battery(kapasitas) pastikan dalam kondisi upper level, jika kurang
(low level)tambahkan dengan air accu tambah(air sulingan) bukan
dengan electrolyte (accuzur), tambahkan sampai batas upper level, isi
atau tambahkan air accu dengan kondisi battery dingin(dibawah temp.30
derajat celcius) atau sebaiknya pagi hari sebelum kendaraan di
hidupkan.
Pastikan kepala battery (terminal
battery)tidak longgar, jika longgar kencangkanlah sebab hal ini akan
menghambat pengantaran arus listrik dari dan menuju battery.
b.Battery kering
Pada battery kering tidak terlalu
banyak pemeriksaan cukup cek kapala battery (terminal battery) tidak
longgar.
Nah, sobat suzuki sekalian, mudah
bukan???
semoga hal ini dapat bermanfaat bagi
sobat sekalian terutama yang super zuper zibuk.hehehehehe :-), sekian
sampai jumpa samapi ketemu di bahasan selajutnya.
Yaruki !!!
Mantappppp......
BalasHapusTerima kasih kang bro...
HapusOm ..sy punya unit grand Vitara yg 2.0 th 2007..akhir2 ini sering olinya berkurang...dan pertanyaan sy kalo kita ganti ring pistonnya yg baik dikasih jarak BRP...dan asli gap ring bawaan mobilnya BRP om ..biar nggak salah beli ring piston
Hapus