TANYA JAWAB & DISKUSI

Silahkan berikan pertanyaan anda seputar masalah kendaraan suzuki anda, Insya Allah kami bantu sebaik dan sebisa kami dari tim...
Caranya : 
Langsung kirim pertanyaan sebagai komentar di box di bawah ini,,,Insya Allah akan dibalas, Terima kasih

383 komentar:

  1. Master!... saya punya suzuki katana thn 1990, saya ada kendala dengan mobil ini yang mana kalau hujan deras air masuk menetes tepat diatas pedal gas. saya sudah berusaha mencari dari mana sumber kebocoran ini tapi tidak ketemu. Tolong bantuannya master... TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya mohon maaf bro william, Penulis adalah seorang biasa aja, gak perlu bilang master,,, OK, bro william, coba bro william cek di bagian antara kabin engine dan kabin dalam bagian driver, Cek pada karet pembungkus kabel yang melekat pada dinding kabin, apakah ada robek?? karena menurut pengalaman bahwa ada air yang merembes dari luar jatuh ke kabel dan merembes masuk kedalam kabin dalam driver side melalui kabel harnes, oleh karena karet robek atau bahkan karet tidak ada, air tersebut dapat masuk kekabin dalam Nah, sering kali pemilik kendaraan mengabaikan karet karet ini, sepele memang tapi itulah hal yang sering terjadi, silahkan bro william cek,,semoga jawabannya dapat bermanfaat,, terima kasih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Pak numpang tanya nih. Kalo misalkan dinamo alternator suzuki carry 1000 di ganti dengan dinamo alternator yg lebih tinggi voltage nya ., apakah berpengaruh buruk pada komponen2 lainnya..? Terima kasih .

      Hapus
    4. Pak maw nanyak mobil saya swift 2006...mobil saya mengalami masalah tersendat sendat jika suhu mesinnya sudah panas biasana terjadi saat terjebak kemacetan di siang hari...kira" apanya yang rusak....

      Hapus
    5. mas saya mau tanya suzuki baleno saya th 2000 rpmnya suka ngdrop apabila sedang berjalan bahkan sampai.mati mesin, tapi di start gampang hidupnya itu masalanya dari mna ya

      Hapus
  2. dinamo starter baik, batere baik tapi tidak mau di start.. tolong solusinya..?
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro amri dah cek hubungan kablenya?? kalau boleh tahu ini kendaraan apa ya? karena pada beberapa kendaraan ada yang dilengkapi dengan relay untuk system staternya.

      Hapus
  3. maaf ini kendaraannya type apa ya ??,maaf sebelum menjawab pertanyaan anda, sedikit saya harus jelaskan, bahwa harus bisa di bedakan antara tidak mau start dengan tidak mau hidup, jika kendaraan tidak mau start, maka dalam kondisi ini kendaraan tidak ada sama sekali bunyi apa apa atau dinamo stater tidak berputar sama sekali, tapi jika tidak mau hidup tapi bisa stater adalah kondisi kendaraan bisa stater atau motor dinamo stater bisa berputar tapi mesin tidak bisa menyala, Nah, kondisi ini sangat berbeda dan perllu di ketahui bahwa masing masih penangan masalah akan berbeda pula, untuk referensi saja: dalam system stater ada beberapa komponen utama yang harus di cek dan silahkan anda Cek pada komponen sebagai berikut:
    1.Motor stater itu sendiri.
    2.Kunci kontak
    3.Kabel kabel Arus untuk dinamo stater
    4.Relay stater (jika dilengkapi)
    5.Battery (Arus, Voltage,/kekuatan accu)
    6,Zikring / Fuse
    Semoga jawaban kami bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi mas, saya punya mobil vitara mas. Sebelumnya mobil itu dalam keadaan baik2 saja. Cuman saya gak sengaja nyenggol salah satu kabel dibawah stir mas. Semenjak itu mobil saya gak mau hidup. Mobil nya mau di starter, cuman seperti gak terhubung gitu mas. Gak mau hidup sampai aki nya drop. Mohon bantuan nya mas. Apakah ada kabel yg terlepas mas? Kalau boleh tau kabel yg mana ya?

      Hapus
  4. ada yg jual manifold + injection bekas carry 1000. +6285883603570 (bisa whatapp)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangnya langka mas Bro, Kepada Sis & Bro, silahkan di kontek..

      Hapus
    2. bsa starter dan kondisi skarang bunyi n bs jlan kok..cuma saat putar kunci kontak kan biasa lampu engine nyala.punya sy kok berkedip satu kli .ap penyebabx mas

      Hapus
  5. Mas saya mau bertanya..alarm mobil neo baleno thn 08 tidak berbunyi walaupun pintu dibuka pada saat lock door..apakah ada masalah?...terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban telah saya uraikan via postingan dan email balik, terima kasih telah mampir ke blog ini.

      Hapus
  6. misi , saya punya mobil apv arena . saya mau tanya kalau mau ganti aki pake aki merk apa ya ? mau nya sih saya ganti GS , punya saya yang sekarang GS Premium 60NS , mungkin ada beberapa masukan ada yang lebih bagus dari GS Premium 60NS . karena shell aki saya sudah kurang bagus dari beberapa orang yang saya tanya . Terimah kasih sebelumnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Johan P, untuk battery/Accu pengganti di sasrankan dengan kapasitas dan dimensi yang sama, jangan lupa Voltage dari batery harus sama, sedangkan untuk merk itu tidak jadi soal, saya tidak bisa menyebutkan merknya disini, itu tergantung kepercayaan bapak terhadap suatu merk.yang terpenting adalah dimensi dan kapasitas battery/accu.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. permisi. saya baru beli escudo 2001 a/t bekas. masalahnya indikator suhu selalu hampir mentok kekiri (kurang dari 1/4 suhu idealnya) walaupun mesin dalam keadaan panas (naik gunung). saya mau cek thermostat temperatur (jangan-jangan dicopot) tapi gak tau tempatnya dimana dan satu lagi extra fan ac selalu nyala sejak pertama kali mesin dihidupkan. mohon solusinya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa jawab sekarang, untuk tempat termostatnya, bapak bisa coba telusuri mulai dari pipa karet radiator bagian atas, diujung pipa karet yang mengarah dari engine itulah tempat termostatnya, tutup termostat di ikat dengan 2 (dua) buah baut kunci 12, bentuknya bulat agak lonjong. pas terikat dengan clamp pipa karet dari radiator bagian atas.
      Demikian mudah mudahan bisa bermanfaat.

      Hapus
  9. selamat pagi. saya punya suzuki carry futura 1,5 pick up kalau jalan kecepatan 70 km/jam di bagian belakang bunyi mendengung. lalu gigi saya turunkan kopilin di lepas juga bunyi, saya coba kecepatan 80 km / jam saya injak kopiling juga bunyi kenapa ya itu ? mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas sekarang :D , Noise atau bunyi yang timbul bisa saja penyebabnya bermacam macam, namun jika dari keterangan yang di berikan bisa di pastikan bahwa bunyi tersebut dari bagian differential/gardan.
      ciri ciri bunyi gardan biasanya mendengung mulai dari kecepatan 60 km/jam atau mulai dari gigi 3, injak kopling ataupun tidak bunyinya akan tetap timbul, namun akan lebih jelas jika kondisi kopling diinjak.
      bunyi tersebut di akibatkan dari kondisi gear dalam differential yang sudah aus, adapun keausannya bisa di sebabkan kurangnya pelumasan oleh oli differential, bisa juga karena kebocoran oli differntial.
      untuk mengatasinya sudah jelas gear harus di ganti dan dilakukan penyetelan ulang backlash dan load serta ketepatan kerapatan gear differntial. Demikian yang saya bisa jelaskan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah mampir di blog ini.

      Hapus
  10. Selamat siang mas agus,saya punya carry thn 2004(DRV),knp saya ngrasa konsumsi bbm ny boros ya mas,pas saya ambil dr SBY ke tulungagung(selatannya kediri kalo belum tau),sekali "P" aja itu habis 150ribuan,,memang umumnya seperti itu ato punya saya yg perlu perawatan..trmksh,mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang Mas Irawan, untuk boros atau tidak nya kendaraan sebenarnya agak susah, karena ukuran boros atau hemat dari produsen atau pabrik pun tidak secara resmi mengeluarkan berapa dan ukurannya seperti apa.
      Karena hal ini mengacu pada faktor penyebab konsumsi bahan bakar, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab banyak tidaknya konsumsi bahan bakar diantaranya sebagai berikut :
      1.Pemakaian kendaraan yang stop & Go, biasanya berkaitan dengan kondisi jalan, atau kemacetan.
      2.Faktor kondisi jalan yang mengharuskan lebih banyak mengerem dan menekan pedal gas.
      3.Faktor dari si pengemudi, hal ini berkaitan dengan kebiasaan pengemudi.
      Banyak pengemudi yang start awal pada posisi gigi bukan gigi 1, padahal saat start awal memerlukan daya dorong yang lebih banyak.
      4.Dan masih banyak lagi faktor lainnya.

      Jadi untuk menentukan boros atau hematnya kendaraan tidak bisa di tentukan karena ukurannya tidak tentu, tergantung dari masing masing pendapat.
      Namun sebagai bahan pertimbangan dan dasar penilaian berikut sedikit saran untuk mas Irawan untuk menghitung perbandingan konsumsi bahan bakar yang di asumsikan 1 liter bahan bakar berbanding jarak yang di tempuh.
      Mas Irawan bisa coba lakukan dengan cara :
      Mas irawan masuk SPBU dan isi bahan bakar seperti biasa di usahakan pengisian sampai batas yang bisa dilihat dan di tandai biasanya sampai bahan bakar terlihat pada leher selang pengisian dan tandai batasnya.
      Set odometer ke Nol (0), atau bisa memakai angka speedometer, intinya supaya kita mengetahui jarak tempuh yang akan kita uji, kemudian jalan seperti biasa tempuh jarak 1 km tepat ke tempat pengisian bahan bakar kambali. Nah, Mas Irawan bisa isi kembali bahan bakar sampai batas pengisian bahan bakar yang pertama tadi, dari situ Mas Irawan dapat mengetahui kendaraan mas irawan ini mengkonsumsi berapa liter dalam 1 km, dari pengukuran tadi mas irawan dapat menentukan berapa perbandingannya.
      Sekedar sharing aja mas, dari pengalaman dan pengakuan para driver maupun pemilik kendaraan , untuk perbandingan yang ideal atau yang umumnya dalah 1 : 9 , dengan asumsi 1 liter : 9 km, walaupun sekali lagi saya ingatkan bahwa tidak ada patokan ukuran perbandingan ideal yang di keluarkan secara resmi dari produsen. jika memang mas irawan sudah lakukan pengukuran ini maka mas irawan sudah bisa menentukan langkah selanjutnya, apakah memang sudah pada umumnya atau memang kendaraannya yang sudah harus di lakukan perawatan.
      Demikian Mas Irawan yang saya bisa share mudah mudahan bisa membantu dan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.Terima kasih

      Hapus
    2. iya mas terima kasih,semoga bermanfaat,,semoga terus bisa share ilmunya.. :)

      Hapus
    3. Mas saya mau tanya..mobil saya baleno matic taun 2000..mobil tiba tiba tidak bisa nyala..padahal stater panjang..kira kira apanya ya mas...

      Hapus
    4. Mas saya mau tanya..mobil saya baleno matic taun 2000..mobil tiba tiba tidak bisa nyala..padahal stater panjang..kira kira apanya ya mas...

      Hapus
  11. Permisi gan, salam kenal saya dedy dari makassar mohon pencerahannya mengenai permasalahan pada mobil suzuki swift 2008 saya yang tidak bisa nyala saat starter, awalnya mobil posisi standby dari pagi sampai sore dengan kondisi cuaca hujan dan saat malam hari mobil mau di panasin dan coba distarter alhasil mobil tidak bisa nyala, sempat di coba beberapa kali sampai aki drop,trus di lakukan jumper namun hasilnya tetap sama,setelah aki di cas ulang lalu dipasang kembali dan coba distarter namun hasilnya juga nihil...mohon solusinya apakah ada pengaruh pada ECU dan ada hal lainnya.trims atas bantuannya sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak dedy, untuk masalah ini ada beberapa hal yang perlu di cek, namun sekedar mengingatkan kembali bahwa ada 3 faktor yang sering terjadi pada keadaan seperti ini terkait informasi yang bapak berikan,
      sebenarnya banyak kemungkinan faktor dan penyebab kendaraan bapak mogok namun secara garis besar ada 3 faktor untuk menyalanya engine, yaitu :
      1.Ada bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dan bertekanan.
      2.Ada faktor pengapian dari koil.
      3.Timing pegapian dan kompresi pada ruang bakar.
      jika ketiga faktor ini terpenuhi maka engine bisa menyala.
      maka dari itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan perlu di cek diantaranya:

      1. Tekanan bahan bakar
      hal ini terkait dengan pompa bensin yang berada dalam tangki bensin beserta tekanannya, hal ini terkait pula dengan system kelistrikan pada pompa bensin, saran saya coba cek apakah pompa bahan bakar bekerja atau tidak, caranya buka tutup tangki bahan bakar, putar kunci kontak pada posisi ON, dan coba dengarkan melalui pipa pengisian bahan bakar apakah terdengar bunyi pompa, pompa akan berputar beberapa detik setelah kunci kontak ON, dan akan mati setelah itu hingga engine menyala. jika tidak terdengar bunyi maka bisa dipastikan bahwa pompa yang tidak bekerja adalah penyebab kendaraan bapak mogok, tapi jangan lupa mengecek tekanan pompa dan elektrikalnya seperti sikring dan relay pompa, namun untuk hal ini bapak perlu pengecekan yang lebih detil.
      2. Electrical engine seperti relay dan sikring.
      hal ini bisa pula menyebabkan kendaraan mogok, untuk pengecekan sikring biasanya ada keterangan pada tutup sikringnya mengenai posisi dan penggunaan sikring tersebut, Oh iya, ada 2 tempat sikring yang ada pada model swift yaitu di bagian depan ruang engine dan di bagian bawah dashboard sebelah kanan di dekat bawah steering.
      3.Pengapian pada coil.
      Untuk model swift ada 2 type, ada yang memakai 1 coil untuk 2 busi atau 2 cylinder, dan ada 1 coil untuk 1 busi atau 1cylinder. jadi pastikan bahwa masing masing busi terdapat percikan api, PERINGATAN: hati hati saat pengetesan, pastikan tidak ada material yang mudah terbakar untuk menghindari resiko keakaran.
      Demikian pak dedy yang bisa saya sharingkan, jika bapak perlu bantuan bapak bisa hubungi bengkel terdekat di wilayah bapak.
      Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

      Hapus
  12. selamat pagi pak agus...saya memiliki baleno dx tahun 2000, kendala saya kadang-kadang gas meninggi sendiri.....saya tanya dgn beberapa mekanik katanya injectornya perlu dikalibrasi...apa betul pak agus...berapa ya kira-kira biaya kalaibrasi ijector tsb..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore pak Titok, maaf saya baru bisa balas pertanyaan bapak.
      Terkait gas yang meninggi sendiri, sedikit pertanyaan buat bapak, Apakah gas meninggi dengan sendirinya tersebut pada saat mesin sudah panas atau masih dingin?, Jika hal ini terjadi pada saat mesin masih dingin, sampai berapa RPM putaran mesinnya, atau naik gasnya?.
      mungkin saya perlu sharing sedikit mengenai RPM atau putaran mesin.
      perlu di ketahui bahwa putaran mesin pada kondisi dingin dan pada mesin yang sudah injection adalah 900 - 1000 rpm, jika dilihat pada tacho meter, jarum tacho meter menunjukan kurang lebih ke angka 1 yang berarti 1000rpm, bisa sedikit dibawah atau di atas.
      kemudian akan lambat laun turun ke 700-800rpm, jika kondisi seperti ini berarti gas atau putaran mesin NORMAL.
      Namun jika gas meninggi padahal mesin sudah kondisi panas, maka perlu di cek pada bagian IAC sensor (Idle Air Control), sebenarnya ini bukanlah sensor pembangkit namun ini hanyalah sebuah actuactor, yang berfungsi mengatur udara yang masuk agar Gas atau putaran mesin bisa di pertahankan pada putaran yang diinginkan. yang berfungsi memberikan sinyal pengaturan pada IAC tentunya di atur oleh ECM atau ECU, dan sepengetahuan saya untuk setting ECM sudah di set dari pabriknya alias paten walaupun ada beberapa orang yang bisa mengotak atiknya.
      Nah, jadi jika prihal kalibrasi injector pada kendaraan bapak tidak bisa dilakukan karena sudah paten, kalibrasi hanya bisa dilakukan pada kendaraan jenis diesel. saran saya bapak coba cek IAC sensor atau biasa kita sebut IAC Valve, karena memang berupa Valve yang diatur bisa membuka atau menutup secara electronik. IAC terletak pada Throtle Body yang melekat pada Intake Manifold.
      Demikian Pak Titok yang saya bisa sharing, semoga bermanfaat pak dan terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya.

      Hapus
  13. Selamat pagi pak agus...terima kasih atas pengetahuannya...pada kendaraan saya tsb gas meninggi kadang-kadang saat dipnasakan....ada juga sesekali saat mesin sudah panas/ berjalan...tapi frekuensinya sangat jarang...tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi pak Titok, dari Informasi yang bapak berikan, kemungkinan besar terdapat masalah pada system idle di kendaraan bapak atau orang menyebutnya langsam. Seperti yang saya share kemarin bahwa system idle ini berkaitan dengan IAC (Idle Air Control) karena system idle atau langsam tadi yang mengatur dan berperan besar adalah IAC, walaupun berkaitan juga dengan ECM (Engine Control Modul) namun kecil kemungkinan masalahnya. di dalam IAC terdapat sebuah valve yang mengatur besar kecilnya udara yang masuk kedalam intake pada system throtle gas, dan saat throtle tertutup atau pedal gas tidak diinjak pengaturan buka tutupnya valve tergantung dari arus yang di berikan oleh ECM dan diatur secara electonik, pada kondisi ini udara yang masuk ke dalam intake manifold diatur sedemikian rupa agar idle atau langsam mesin stabil dan sesuai putaran yang diinginkan. didalam IAC juga terdapat bimetal yang sifatnya bisa berubah bentuk jika terkena panas untuk membantu pembukaan valve, tujuannya sama untuk mengatur besar kecil masuknya udara, namun secara mekanik. sedangkan panas untuk mempengaruhi bimetal itu sendiri berasal dari air radiator, jadi ada air radiator yang di alirkan ke IAC valve melalui pipa untuk kerja bimetal tesebut.
      Jadi terkait masalah tersebut ada 4 hal yang harus diperiksa yaitu :
      1.IAC valve apakah bekerja sesuai fungsinya?
      2.ECM apakah bekerja memberikan besaran arus listrik sesuai fungsinya?
      3.Selang/Pipa air yang masuk ke IAC
      4.Selang/Pipa udara luar yang masuk ke IAC sebagai penyuplai udara.

      Namun dari pengalaman saya selama ini yang paling sering bermasalah adalah IAC, kumparan elektronik pada IAC mengalami konslet atau valve macet atau tidak berjalan mulus. sehingga kontrol udara masuk sering berubah ubah. jika keseringan terjadi seperti itu, di khawatirkan akan terjadi kosnleting pada Transistor didalam ECM yang pada akhirnya merusak ECM. Untuk menangganinya Pak Titok, harus segera memeriksakan IAC atau 4 hal yang tadi saya sebutkan.
      untuk biaya penggantian tergantung part yang akan di ganti, misalkan IAC ada yang diganti secara keseluruhan bersama throtle body (Gas set) tapi ada juga yang hanya di ganti IAC nya saja. kemudian ECM sejauh ini sudah ada yang bisa service sih namun jika di delaer resmi harus di beli 1set (assembly), Demikian pak yang saya bisa paparkan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi blog ini.

      Hapus
  14. Dear Pak Agus,

    Saya ada problem dengan speedometer pada Baleno DX AT 2001 yang tachometertnya tidak jalan tetapi putan gigi Rpm dan kilmeternya masih jalan/putar
    sebelumnya mati kendaraan mengerim mendadak dengan keras tetapi mesin tidak sampai mati tapi mobil berhenti total

    Kira kira apa ya yang menyebabkan tachometer mati ?
    Thank U... atas petuahnya

    BalasHapus
  15. Salam pak Munir,
    Berkenaan dengan pertanyaan bapak mengenai kerusakan pada tachometer saya akan mencoba sedikit menganalisa sebagai berikut:
    Pada Instrument panel, umumnya terdapat 2 jarum pengukur yang dengan bentuk yang besar yaitu pengukur kecepatan kendaraan disebut dengan Speedometer yang digerakkan oleh tali ataupun VSS(Vehicle Speed Sensor) dan pengukur putaran mesin disebut dengan Tachometer yang di gerakan oleh CKP sensor(Camshaft Position Sensor) dan CKP sensor (Crankshaft Position Sensor).
    Dari informasi bapak mengenai kronologis pengereman mendadak secara analisa tidak berhubungan walaupun keduanya bermuara pada Control Modul kendaraan, karena seperti yang saya utarakan tadi asal penggerak putaran adalah berbeda, speedometer berasal dari putaran transmisi sedangkan Tachometer berasal dari putaran mesin.
    Dari pengalaman saya, kebanyakan tachometer rusak karena terjadi konsleting baik itu pada istrument panelnya sendiri ataupun dari kabel dan ECM yang berhubungan dengan tachometer tersebut. dilihat dari kejadiannya kemungkinan penyebab rusaknya tachometer di sebabkan konsleting oleh goncangan pada kabel body dan socket yang longgar sehingga membuat gulungan atau kumparan pada tachometer unit putus, jadi kumparan putus inilah yang menyebabkan tachometer mati.
    Untuk mengetahui kerusakan ini sebaiknya dan memang seharusnya dilakukan pengukuran pada kendaraan terutama pada kabel kabel yang berhubungan dengan tachometer, agar pada saat penggantian tachometer baru tidak terjadi kerusakan yang sama.
    Demikian pak Munir yang saya bisa share dengan bapak, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hormat Pak Agus,

      Terima kasih atas penjelasan yang tersetruktural dan menambah pengetahuan saya bagaiman cara kerja tachometer dan rentetanya

      Hapus
    2. sama sama pak munir , salam hormat saya

      Hapus
  16. Halo Pak Agus,
    saya ada pertanyaan nih mengenai All New Swift NIK 2014...
    Saya perhatikan kalo setiap mobil sdh parkir (saat berangkat kerja ataupun pulang kerja), dari mulai jalan sampai dengan 20 kpj lebih dikit, selalu terdengar bunyi teng di bagian depan. Selalu seperti itu setiap harinya. Nah, saya sempat tanyakan ke service advisor di SBT puri, dan dinyatakan kalau itu bunyi teng adalah bunyi dari proses "aktivasi" sistem ABS... Apakah memang demikian adanya? atau kah sistem ABS di mobil swift saya itu bermasalah?
    Mohon pencerahannya...

    Thanks
    Johan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga pak,
      Sebenarnya untuk analisa bunyi atau noise agak susah jika tidak di dengar langsung pada kendaraannya saat terjadi bunyinya, namun dari informasi dan pengalaman yang pernah saya dapat bunyi tersebut bisa saja dari Actuactor ABS seperti yang service Advisor SBT bilang, namun setahu saya bunyi aktivasi hanya bunyi pada saat pemasangan dan activasi pertama kali yaitu saat membuka valve pada actuactor ABS dengan scan tools. Jadi jika bunyi tersebut terjadi berulang kali kenungkinan terdapat masalah pada actuactor ABSnya pak.
      Dari pengalaman yang saya pernah dapat, bunyi tersebut bisa juga di sebabkan pada yang melengket setelah pengereman.
      Demikian yang saya bisa share pak, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  17. Permisi pak, saya punya katana dan masalahnya pada saat mobil dalam keadaan panas dibawa keliling setelah itu saya matikan sebentar dan pada saat mau distarter bunyinya cek cek cek dan setelah dicoba terus menerus akhirnya mobil bisa dihidupkan. Kira kira apa penyebabnya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Pak Putu,
      Maaf pak sebelumnya saya ingin mengetahui bahwa, maksud bapak pada saat di stater namun kendaraan tidak bisa hidup hanya terdengar bunyi tadi saja ya pak??,
      jika itu maksud pertanyaan bapak, maka menurut analisa saya bahwa masalah ada pada system starting yang berkenaan dengan kekuatan battery, kunci kontak dan motor stater itu sendiri. bunyi tersebut biasanya berasal dari magnetic switch yang hanya berfungsi menarik switch penghubung pada motor stater namun tidak maksimal, sehingga hanya terdengar bunyi bunyi itu saja.
      masalah seperti ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemeriksaan, :
      1.Cek Battery, apakah batery lemah, terutama pada terminal dan sambungan kabel dari battery.
      2.Cek socket sambungan pada kunci kontak, dikhawatirkan sambungan longgar sehingga tidak maksimal.
      3.Cek kabel yang berasal dari coil, pada jenis Suzuki KATANA biasanya terdapat kabel yang terhubung dari coil ke motor stater, cek kabel tersebut apakah terdapat konsleting? atau coba untuk di lepas saja dulu.
      4.Cek magnetic switch pada motor sater dan brush(kol) pada motor stater, namun untuk pemeriksaan ini memerlukan alat dan waktu yang cukup, sebaiknya di lakukan oleh tekhnisi.

      Jadi pada intinya, bunyi tersebut di sebabkan oleh magnetic switch pada motor stater yang tidak dapat menghubungkan arus ke motor stater dan memutarkan motor stater untuk menghidupkan mesin. hal ini bisa di sebabkan seperti yang saya uraikan diatas tadi.
      Demikian pak Putu yang saya bisa share, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  18. Terima kasih pak agus atas bantuannya, starternya sudah tokcer sekarang. Saya mau tanya lagi, setelah di tune up rpm katana kok naik turun ya pada saat tidak digas kira kira rpmnya dari 700 ke 900 rpm naik-turun-stabil-naik-turun dan lama lama suhu naik hampir setengah. Kira kira apa penyebabnya? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama sama pak Putu,
      untuk Rpm yang naik turun sudah bisa di pastikan asal masalah berasal dari karburator di bagian idle nya pak, penyebab yang paling sering terjadi karena setelan angin dan bahan bakar yang tidak seimbang, ataupun lubang dan throtle valve yang sudah tidak maksimal atau bisa juga karena kotoran yang menyumbat pada system idle pada karburator, untuk mengatasinya pak Putu bisa coba untuk menyetel ulang campuran angin/udara dan bahan bakarnya dulu kemudian jika masih bermasalah coba untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan membongkar karburator dan menyemprotkan karburator cleaner kedalam lubang lubang karburator atau pak Putu bisa menyemprotkan carburator cleaner yang berupa foam(busa) kedalam karburator tanpa membongkarnya, kemudian jika masih bermasalah pak Putu bisa coba mengganti bagian dalam karburatornya dengan repair Kit karburator, namun jika langkah tadi bapak sudah lakukan namun hasilnya masih bermasalah, bapak bisa ke tukang karburator untuk perbaikan, kalau di daerah saya sudah ada yang bisa repair khusus karburator pak, jadi saya hanya membuka karburator dari kendaraan dan membawanya ke tukang/ahli karburator karena klu di bengkel hanya sebatas membersihkannya, menyetel atau menggantinya, tidak ada repair dan penggantian part bagian dalamnya. berbeda dengan di tukang/ahli karburator mereka bisa sampai membuat trhrotle valvenya segala dan lain lain.
      Demikian pak Putu yang bisa saya sharing,dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  19. selmt sore pak
    saya pengguna baleno th 2000 injection, kalo pake ac dlm kondisi mesin panas,kurang lebih sdh stgh jam jalan, rpm suka naik turun. tp kalo tdk pake ac, rpm normal, mohon pencerahannya, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru bisa balas.
      Pada baleno terdapat actuactor dan mekanisme idle yang diatur oleh modul, namun jika dari informasi bapak dan pengalaman dilapangan,permasalahannya ada pada komponen IAC (Idle Air Control) kemungkinan terdapat macet atau tidak normal pada katup saat menerima arus dari modul, sehingga pembukaan katup tidak tetap dan udara masuk tidak tetap pula, hal ini menyebabkan RPM atau putaran mesin tidak teratur bahkan bisa naik turun, saran saya secepatnya bapak periksakan komponen tersebut sebab jika terus menerus seperti itu dapat mengakibatkan modul konsleting/rusak.
      Demikian pak, terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
    2. Pagi bos. Sy lagi ad masalah dengan mobil baleno sy. Pompa bensin ud ganti baru. Tp bensin cuma jalan brapa detik saja. Dan lampu amper bensin jg gak hidup kendala mobil sy ap ya bos ? Padahal ud ganti pompa baru

      Hapus
  20. malem mas,mas sy punya swift 2005 ,sy mau tanya sensor oksigen sy rusak mas sehingga lampu engine menyala ,kmarin hasil dari scan di bengkel resmi suzuki,sy mau ganti ternyata harganya cukup lumayan mas jd saya pending dulu,sekarang pertanyaan sy sensor o2 itu berpengaruh besar gak ke mesin mas?gmn kalau sensor sya tidak sy ganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malem pak, maaf saya baru bisa balas.
      Pada dasarnya semua sensor punya tugas masing masing dan semua mengarah ke otaknya kendaraan yaitu ECM(Electronic Control Modul), adapun dari semua keruskan itu tentunya akan mempengaruhi kinerja mesin, nah jika terdapat sensor yang rusak dan tidak segera di ganti maka kendaraan akan mengalami masalah terutama pada performa kendaraan, memang untuk sementara tidak apa apa, karena ada back up dari ECM itu sendiri namun back up ini tidak bisa bertahan lama, sehingga akan besar kemungkinannya ECM modul akan mengalami kerusakan, itu sebabnya kenapa menampilkan indikator menyala secara terus menerus. demikian pak dan saran saya segerakan untuk mengganti sensor yang rusak tadi.
      Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  21. Mobil saya suzuki apv pick up tahun 2014 yang mau saya tanyakan kenapa accu cepat habis stroomnya, kenapa dynamo isi tidak berfungsi atau ada kendala lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang pak, maaf baru bisa balas.
      Maaf saya tidak langsung menjawab pertanyaan bapak tapi, saya coba menguraikan permasalahan yang berkaitan dengan ACCU.
      Accu sebagai sumber power kelistrikan haruslah fit setiap saat, untuk itu accu harus tetap mendapatkan pasokan arus dengan jalan charging oleh alternator.
      Pasokan ini harus lebih besar atau sama dengan aurs yang di keluarkan oleh accu, karena accu setiap saat akan mengeluarkan arus listrik untuk keperluan kelistrikan oleh kendaraan bahkan pada saat kendaraan off sekalipun.
      Nah, untuk kasus kendaraan bapak, saran saya coba cek apakah ada alat alat yang masih berfungsi walaupun kendaraan off (tape, radio, Alarm dll), jika masih ada hendaknya arus yang dipakai tersebut tidak banyak, kemudian cek pasokan arus(charging) dari alternator apakah sesuai? pasokan arus kisaran 13V s/d 14 V, jika dua hal tersebut baik, maka bisa di pastikan accu kendaraan bapak sudah rusak / biasanya sudah tidak bisa menyimpan arus listrik. demikian pak , semoga bisa menjawab pertanyaan bapak, dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  22. salam sejahtera,
    Mobil saya escudo 2.0i 2001, ada masalah : lampu indikator di dashbord ( cek engine, aki, handrem, odometer dan olie ) tidak nyala ketika posisi kontak ON. Ketika distart mesin menyala tapi jarum RPM tdk bergerak, dan ketika jalan jarum speedmeter juga tidak bergerak.
    Mohon pencerahan dan solusi nya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sejahtera pak,
      Dari kilasan info dari bapak, kemungkinan penyebab ada pada instrument panel itu sendiri, saran saya coba cek semua fuse/sikring yang ada, karena insrtument panel juga memerlukan aurs tersendiri untuk berfungsi. dari pengalaman masalah seperti ini di sebabkan karena panel instrument itu sendiri. demikian pak dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
  23. Salam kenal pak agus.
    Suzuki baleno saya tahun 2001 belakangan ini rewel di fuel pumpnya. Sy sdh ganti 4 x ori ... tp persoalannya sama hanya kuat beberapa bulan. Pake premium kadang pertamax. Sdh cek arus ke fuel pump ok. Terakhir disiasati bengkel pake relay sendiri dengan memanfaatkan jalur asli relay bawaan di box . Karena sdh on tdk ada arus ke fuel pump. Hasilnya modif relay ... fuel pump langsung terus putar begitu kontak on.. biasanya beberapa detik mati sampai distarter. Mhn pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak,
      Memang akan ribet jika fuel pump sering ngadat, untuk masalah ini, sebaiknya di cek juga kabel harnesnya pak, jika benar bapak modifikasi relay yang membuat On terus fuel pump sebaiknya itu di kembalikan ke system aslinya, karena hal tersebut dapat menambah singkat umur fuel pump.
      system bahan bakar yang baik adalah jika kunci kontak ON maka fuel pump akan hidup beberapa detik saja dan kemudian fuel pump off, nanti pada saat kendaraan hidup maka fuel pump akan hidup terus. sampai kendaraan di matikan.
      dari informasi yang bapak berikan ada 2 masalah yang terjadi, yaitu:
      1.Fuel Pump cepat rusak
      2.Relay fuel pump yang tidak berfungsi dengan baik.
      Nah, untuk yang masalah no.1, maka saran saya coba cek pengembalian bahan bakar dari pipa injector (Pressure Regulator) apakah ada pengembaliannya dengan lancar?
      karena jika pengembaliannya tersumbat maka tekanan tidak dapat di buang sedangkan fuel pump bekerja terus, pada akhirnya tekanan akan memaksa fuel pump untuk berhenti dan lama kelamaan akan rusak.
      kemudian cek kualitas bahan bakar itu sendiri apakah kondisi nya baik, jika meragukan coba untuk pindah tempat pengisian bahan bakar untuk sementara waktu dan pastikan bahan bakarnya berkualitas baik.
      Untuk masalah no.2 saran saya cek kembali kabel harness dari shorted, grounded, & openend curcuit, pengalaman dilapangan menunjukan kabel seringkali menjadi masalah utama.
      jika kabel kondisi baik maka kemungkinan masalah ada pada control modul yang mengatur On-Off relay fuel pump. oh iya saya punya pengalaman dengan relay yang di masuki semut, coba untuk memeriksa relay.
      Demikian pak semoga bermanfaat dan membantu masalah kendaraan bapak serta terima kasih atas kunjunannya.

      Hapus
  24. Mlm pa agus.balenoku th 97 rpm 900 tnpa ac..klu ac ON rpm turun jdi 700.kira masalhnya dimana..solusinya apa..mksh pa agus maaf pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam juga,
      Maaf baru bisa balas, masalah kendaraannya bisa di pastikan berasal dari IAC valve dan modulnya, hampir persis masalah dari bapak anonim dan bapak tito totok yang telah saya ulas sebelumnya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  25. Siang pak agus.maaf mau nanya rpm inova kadang saat mobil kondisi mati jarum rpm berhentinya ga pas di nol.kadang diatas 100.
    Trs saat mobil hidup keadan berhenti jarum rpm nya kadang berada 100. 200. 1000.sementara putaran mesin normal normal saja....apakah tachometernya udah rusak ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang pak,
      Mohon maaf pak, untuk sementara saya hanya bahas seputar masalah merek Suzuki saja namun saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini.

      Hapus
  26. Ass....slm kenal pak agus,saya punya escudo thn 95,mbl saya bermasalah pada pelampung minyak y sering banjir,setelan gas udah pas besok kumat lg setel lg besok kumat lg,dan kata y pelampung y g ada jual kecuali beli komplit sm karburator y,gimana cara y mengatasi y?sebelum y thanks pak agus

    BalasHapus
  27. Waalaikum salam,
    salam kenal juga pak,
    Untuk masalah bapak, dari pengalaman yang saya pernah dapatkan, maslahnya ada pada needle valve jika pelampung plastiknya masih bagus, setelan gas terpengaruhi oleh kondisi bensin yang banjir bukan karena setelannya yang berubah.
    memang jika dari pihak dealer suzuki tidak di keluarkan part pengganti hanya perbagian tetapi assembly(komplit /set karburator).
    Tapi mohon maaf pak, untuk menyiasati hal ini saya bukan mengajarkan untuk memakai yang non genuine loh pak, ini hanya kondisi yang darurat saja, apa boleh buat jika terdesak bapak bisa memakai KIT karburator di pasaran. jika tidak terdapat kit yang sama bisa memakai KIT karburator Suzuki Katana, namun tidak semua bisa digunakan, dan yang pasti yang namanya bukan genuine pasti ada saja part yang tidak pas alias tidak presisi.demikian pak, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum..... Pak Agus, Saya punya mobil Sidekick 1999, punya masalah pada setir, pabila berjalan pada jalan yang bergelombang stir suka membanting dan sy harus menahan stir dengan kencang sama satu lagi pada transmisi bila jalan nanjak gigi gak kuat berbunyi seperti bunyi laher yang aus bunyi kasar kreek...kreek stlh gigi diturunkan suara hilang dan mobil bertenaga lagi, mohon pencerahan dan solusinya dari Pak Agus trim..

    BalasHapus
  29. Waalaikum salam, langsung saja pak Lobautik..
    Pada system steering kendaraan jenis JEEP pada umumnya berbeda dengan jenis sedan sehingga pada jenis ini, handling steering akan terasa lebih liar, hal ini di sebabkan oleh kontruksi steering yang memakai sambungan rod dan tidak langsung terhubung ke knucle roda.
    namun untuk memperkecil bantingan ataupun handling yang liar tersebut, pada umumnya di pasang shock peredam berupa shock absorber pada rod penghubung.
    Jadi saran saya, coba cek shock peredam apakah berfungsi dengan baik?, kemudian khususnya pada sidekick, vitara dan escudo, coba cek chasis tempat dimana steering gear box terpasang, karena dari pengalaman yang pernah saya dapatkan, pada chasis ini sering terjadi keretakan pada pengikat steering gear box, akibatnya steering oblak dan bantingan dari roda kendaraan tidak dapat terredam dengan baik. hal ini bisa di tandai dengan free play steering yang berlebihan.
    Untuk masalah kedua, yang saya pahami dari informasi bapak adalah "ngelitik" bahasa bengkelnya seperti itu atau kami bilang "engine knocking".
    Sebenarnya hal ini banyak yang bisa menjadi penyebabnya, namun dari informasi yang bapak sampaikan tadi yang berkaitan dengan transmisi kemungkinan hanya di sebabkan penggunaan gigi transmisi yang tidak sesuai, karena rasio gear pada saat kondisi menanjak sangat berpengaruh, saya ambil contoh misal kendaraan saat di gunakan pada jalan menanjak tinggi dan gigi yang di gunakan adalah gigi 3 atau 4 maka secara otomatis kendaraan akan terasa lambat, berat dan terkadang timbul bunyi sampai gigi di turunkan ke posisi 2 atau malah 1, kendaraan akan kembali normal dan bunyi hilang, Kenapa demikian?
    ya, karena pada saat menanjak yang diperlukan bukan kecepatan melainkan tenaga atau momen untuk mendaki, sedangkan tenaga atau momen yang paling besar berapa dapa gigi yang rendah yaitu gigi 1 atau gigi 2, jika yang digunakan gigi 3 atau 4, keadaan ini memaksa engine untuk berputar lebih keras lagi sehingga terjadilah engine knocking.
    Jadi bisa di simpulkan bahwa masalah yang terjadi pada pertanyaan bapak yang kedua adalah karena ketidak sesuaian rasio transmisi untuk menghasilkan tenaga putar dari kendaraan pada saat mendorong kendaraan melalui jalan menanjak.
    Demikian pak, mungkin itu yang bisa saya sharing dengan bapak, semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungan bapak ke blog saya.

    BalasHapus
  30. Malam pak agus,baleno 97 saya tachometernya tidak bekerja saat mesin baru dihidupkan namun setalah mesin panas atau sdh berjalan lebih dari 1 jam perjalanan jarum tachometer baru mulai bergerak tetapi tetap tidak normal,jarum bergerak tidak lebih dari 1000 rpm walaupun mesin kita geber,tolong pencerahannya pak,terima kasih.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Malam pak agus baleno 97 jarum tachometer hanya bergerak dibawah angka 1000 rpm walaupun gas kita injak dalem alias kita geber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga,
      dari Informasinya sudah jelas bahwa kemungkinan besar penyebabnya adalah Tachometer itu sendiri yang bermasalah, karena tachometer hanya mendapat signal tersendiri yang berasal dari ECM atau modul.
      demikian, dan terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  33. Om. Saya new user neo baleno tahun 2009. Untuk alarm mobil kok gak bunyi saat di lock ya. Tanya penjualnya. Katanya mobil suzuki emang gt. Apakah memang begitu ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang,
      Untuk Suzuki type Neo Baleno seingat saya hanya menggunakan lampu indikator turn light atau lampu turn signal saja, tanpa di lengkapi indikator suara yang biasanya terhubung ke klakson, jadi hanya kedipan lampu turn signal dan berkedip 1 X untuk buka dan berkedip 2X pada saat tutup.
      Demikian pak, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  34. Malam pak agus, saya punya swift tahun 2006, saya punya masalah pd mbl saya kalo di gas ada suara air ngalir, kira2 bunyi dr mana itu?

    BalasHapus
  35. Selamat Malam pak Agus, Saya punya suzuki Neo Baleno 2008, pada saat mobil dalam keadaan kencang terutama di tol, suara angin masuk sampai kabin, kira2 apa penyebab nya dan bagaimana cara memperbaikinya ya?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  36. selamat pagi pak agus....saya punya suzuki carry 1994, pada saat mengganti swit temperatur, saya memutar kunci terlalu kuat sehingga menyebabkan swit patah.... kira-kira bagaimana cara mengeluarkan patahan drat swit yang tertinggal di mesin....??
    terima kasih banyak untuk jawabannya.

    BalasHapus
  37. Selamat pagi pak. Saya memiliki mobil suzuki baleno next g thn 2003 matic. Pada saat tuas di pindakan ke posisi D. Lampu D di speedoometer tidak menyala pada saat mengidupkan stop kontaknya smua lampu menyala. Hanya lampu D saja yang tidak hidup apabila tuas di pindaahkan ke posisi D

    BalasHapus
  38. Selamat siang pak agus, saya punya suzuki carry pick up 2006, bagaimana cara memperbaiki jarum indikator bensin nya tidak berfungsi,

    BalasHapus
  39. selamat siang, mobil escudo saya untuk sekring F1 sering putus. apa masalahnya?

    terima kasih

    BalasHapus
  40. Siang pak agus,,
    Saya pnya suzuki escudo jlx tahun 94. ...masalahnya pas ac dalam posisi on gas nya gak mw naik...tetap rendah...rpm di spidometernya juga gak ber pungsi/ gak naiek jg...kalo di gas baru naik...kira 2 apa nya yang rusak ya pak...makasi pak agus

    BalasHapus
  41. halo salam kenal Pak Agus,mobil saya suzuki samurai '92. bagaimana cara ngecek idle up ac sudah rusak ato masi bagus ? vsv baru ganti , tapi rpm masih saja drop ketika ac dinyalakan.oleh teman coba dihisap selang dari salah satu moncong vsv ke vakum yang ada di karbu, stang gas di karbu tertarik dan rpm pun naik.kira kira masalahnya ada dimana om untuk mobil dengan masalah rpm drop ketika ac dinyalakan. trims

    BalasHapus
  42. salam kenal pak agus. saya punya swift thn 2009 akhir. saya barusan servis pompa bensin, jadi saya takut pompa bensin nya dganti dengan yang palsu atau kw. apa tanda kalau feul pump bensin saya itu masih ori atau kw pak..? trus kalau ori biasanya pake merk apa sgp atau yang lain..?

    BalasHapus
  43. salam kenal pak agus.saya punya futura 1.3 thn 1993. permasalahannya dimobil say tidak mau di starter..kemudian saya cek pompa bensinnya ternyata tidak mau ngisap.tapi pompanya hidup kalau kunci kontak di on kan..yang mau saya tanyakan apakah pompa bensinya sudah bisa di bilang rusak..?

    BalasHapus
  44. Om numpang tanya om... hahaaa... kenapa ya mobil tidak bisa menurunkan langsam nya... padahal hbis ganti saringan udara nya. Baut untuk menurunkan langsam dah hbis d trunkan. Ttp mesin ttp az keras bunyi nya. SUZUKI CARRY FUTURA PICK UP 1.5

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum pak agus, sya orag surabaya yg ingin tnya,mobil sya carry 1.5 injeksi mati total,mohon pencerahan nya apa yg sya cek terlebih dahulu? Trimakasih tuk jwabane pak

    BalasHapus
  46. slamat om agus, saya mau nanya mobil saya escudo2.0 thn 2001 akhir, ini sdh lama dibengkel pertama kendalanya mesinnya ginjal, trs kata org bengkel kuil nya mati satu sdh diganti, lalu trakhir katanya knock sensor nya mati juga sdh diganti jg tp akhirnya mobil saya kehilangan strum atau tidak ada pengapiannya, yg saya tanyakan knp begitu ya om, atas jawabannya saya ucapkan trimakasih

    BalasHapus
  47. Salam kenal pak agus,
    sy punya katana long bri th 89, kabel pada indikator ampere meter radiator selalu naik full & bensin di jarum tengah. padahal bensin sudah habis. awalnya di jalan menanjak sy matikan matikan habis it sy hidupkan indikator bensin & radiator mati smua. setelh sy cek kabelnya putus sy sambungkan ke kabel yg ada arusnya tp malah jadi naik full pada indikator radiator &i dikator bensin jarum di tengah pdhl bensin sdh habis. sblumnya terima ksih

    BalasHapus
  48. salam pak agus, sya punya suzuki escudo A/T 20i thn 2003. dalam posisi on mesin hidup di P atau N, rpm Naik diposisi 1200 RPM,Disaat AC on posisi jarum rpm di 800,dan Boros,makasih RUSLAN

    BalasHapus
  49. Pak swift 2011 saya lampu tdk nyala starter tdk nya
    Klason tdk nyala tapi aki dari indikator masih biru.jadi masih baik
    Apanya yang rusak apa pada sikringnya

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Malam pak agus.
    Mobil saya escudo 20i, unk perpindahan gigi dari 1 k 2 rpm turun d bawah 1000 sehinga d gigi 2 sempat tidak ad tenaga begitu pula unk 3-4-5 rpm selalu turun d bwah 1000, apa penyebabnya IAC kah yg problem

    BalasHapus
  52. mas maaf mau tanya ,mesin mobil apv arena saya mati mendadak setelah d cek strum/listrik dari ECU tida keluar ke koil ,apa yg harus d servisnya mas ?
    makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  53. selamat pagi pak ,mobil suzzuku apv arena kenapa gada kelistrikan k jalur sensor ,apa yg harus d servisnya pak ?

    BalasHapus
  54. Slmt pagi mas agus,tolong bantu solusinya mas,saya pemakai baleno m/t 2001. Utk temp radiator.. nah ini yang saya pengen tanya disini.

    - ac dingin apabila mobil dalam keadaan laju 40km. (apabila macet dan siang hari ac ga dingin)
    temp radiator sering naik, lebih dari setengah kalau pemakaian mobil kurang lebih 2 jam dalam keadaan cuaca panas dan ac slalu dinyalakan, beban mesin jadi agak berat ga ada tarikan. dengan sangat terpaksa saya harus matikan ac dan ga lama kemudian temp turun normal dan tarikan jadi agak enteng... kira kira permasalahannya apa ya?

    kipas radiator lumayan kencang hembusannya, namun kurang jelas utk kipas ac nya. apakah bila kipas ac mati itu penyebab temp sering naik???

    apabila saya bawa mobil kerja, tangerang-jakarta-tangerang. air penampungan radiator pasti habis setengah. (air radiator ga ada yg netes)
    apakah air radiator berkurang bisa disebabkan karena fan ac mati???

    mohon bantuan dan petunjuk suhu suhu disini apabila mempunyai masalah seperti ini. dan kisaran berapa rupiah agar temp saya ga naik turun lagi terimakasih

    BalasHapus
  55. Melanjutkan yg d atas,Fan radiator berfungsi baik setelah saya cek,berputar kencang dan normal.

    BalasHapus
  56. Dear Mas agus, saya mau tanya, saya punya Neo Baleno tahun 2008, pada saat mobil di lock kemudian dibuka manual tanpa di unlock, tidak ada alarm. Apakah ada masalah pada alarm system? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  57. Ass, pak, mau tanya, mobl saya suzuki escudo 2.0i th. 2001, saat AC mobil dihidupkan, mesin overheat dan mati, tapi jika AC tidak dihidupkan, menempuh perjalanan jauhpun mesin nggak apa-apa, apa penyebabnya ya pak.....mohon solusinya ?

    BalasHapus
  58. mas mobil escudo xl7 saya. ketika kunci kontak ke posisi on pompa bensin menyala terus dan seperti terputus2. dan ketika mesin dinyalakan pompa bekerja normal mesin menyala tetapi kalau tidak digas mesin langsung mati . kira2 kerusakan apa ya?. saya ada coba test pada colokan pompa bensin dengan bohlamp lampu jadi menyala berkedip2. mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  59. Salam kenal mas Agus. Saya punya jimny tahun 82 posisi kabin penumpang kalau Hujan selalu bocor. Sy sdh baca komen mas agus thn 2014 tentang permasalahan yg hampir sama, tapi kucuran air asalnya dari bawah dasbord kaleng nya. Mohon pencegahannya mas...note:karet kaca sdh sy beri tamban lem & panggangan sate sdh sy tutup. Trims

    BalasHapus
  60. Ass mas, saya dari sulawesi utara, saya mohon solusi mas, saya punya mobil suzuki escudo nomade th 99, yang mempunyai 2 masalah, yaitu :
    1. pada waktu pagi hari atau kendaraan pada posisi dingin, mau start mobilnya bergetar, jaruma RPM di bawah garis nol, sehingga mobil seperti mau mati.
    2. baut setelan klep sering berubah sehingga menimbulkan bunyi ketukan yang membuat tidak nyaman sudah sering saya ganti adjusternya, dan mohon petunjuk untuk ukuran setelan baut klepnya berapa mas, biar bunyinya tepat dan merata. trimss wassalam.

    BalasHapus
  61. Salam kenal pak agus ?
    Saya ari dari tangerang, saya baru ambil mobil new ertiga gl yang face lift dan untuk versi new ertiga face lift ini tidak di lengkapi rem ABS + EBD seperti ertiga sebelumnya. Saya mau tanya untuk new ertiga gl saya apakah bisa di pasang perangkat ABS + EBD pak yang seperti ertiga gx lama, kalo bisa di pasang perangkat ABS + EBD di manakah saya bisa mendapatkan perangkat tersebut apakah di beres suzuki menjual perangkat tersebut dan kira kira berapa harga untuk perangkat tersebut. Tolong di bantu pak ?

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Karena mengingat fungsi ABS + EBD itu adalah antilock untuk supaya roda tidak terkunci saat pengereman sepontan, jadi sangat penting dan di butuhkan untuk safety, saya pingin new ertiga gl saya di lengkapi perangat tersebut.
    Tolong balas di email saya pak agus, Saya tunggu balasannya pak terimakasih ?

    BalasHapus
  65. Maaf pak mw tanya,,, mobil saya jimny tahun 89, permasalahaanya pada kelistrikan, saat malam hari dimana lampu hidup tape nyala trus hidupin sein plus injak rem, pasti tapenya restart seperti kurang strum... Kira2 masalahnya dimana ya? Accu masih bagus klo bisa jwb via e mail pak

    BalasHapus
  66. Maaf pak mw tanya,,, mobil saya jimny tahun 89, permasalahaanya pada kelistrikan, saat malam hari dimana lampu hidup tape nyala trus hidupin sein plus injak rem, pasti tapenya restart seperti kurang strum... Kira2 masalahnya dimana ya? Accu masih bagus klo bisa jwb via e mail pak

    BalasHapus
  67. Malam pak. Saya mau tanya tentang motor smas saya.
    Kenapa kick starter nya ga balik lgh waktu motor menyalah.
    Sedangkan kalo motor nya belum menyala mash balik lgh pak.
    Mohon pencerahan nya pak.
    Trimakasi....

    BalasHapus
  68. pak mobil cary pick up saya kok setelah di cuci steaam .........rpm bawahnya ga stabil .mohon petunjuknya

    BalasHapus
  69. Assalamu'alaikum,
    salam kenal pa Agus, saya wihdan mobil saya escudo thn 94 masalahnya adalah kalo macet suhu temperatur mesin naik berlahan tapi kalo sedang berjalan suhu turun kembali, masalahnya apa ya ?
    mohon pencerahannya ...
    terima kasih.

    BalasHapus
  70. Assalamuallaikum

    Suzuki Baleno 2001 ada masalah disaat sy Injak Gas RPM di tiga posisi gear di dua dan tiga selalu mati engine sblm mati mesin ndut ndutan kenapa yah boss????

    BalasHapus
  71. siang mas kalo boleh tolong saya minta e-book suzuki escudo mt 2.0 thn 2002 trim

    BalasHapus
  72. asslm...slm kenasl mas agus...sy pake suzuki escudo 2.0i kalo mau stater suara mesinnya agak kasar walaupun sudah sering ganti oli....mohon masukannya mas...

    BalasHapus
  73. Salam sejahtera...
    Mobil saya suzuki swift 2008 manual transmisi akhir akhir ini bermasalah pada saat jalan pada transmisi 2 jalan 30-40 km perjam seperti tersendat sendat(ndut ndut an) untuk saat diam mesin sdh panas rpm naik turun sangat terasa hingga getaran mesin turun rpm di 900 sampai 1000
    Terimakasih

    BalasHapus
  74. Salam kenal Nama Saya wawan Dari Sulawesi Sy memiliki Mobil Suzuki swif Matic tahun 2007 mslhnya td malam pas Sy mau pakai Sy stater menyala,krn tail panbelnya berbunyi drik jd Saya gas agak Tinggi biar bunyinya hilang.,ehhh tiba2 mesinnya mati,pas mau nyalain lagi udh Gak bisa,,,mohon solusinya terimakasij

    BalasHapus
  75. Salam kenal. Saya punya karimun kotak GX tahun 2004. Permasalahannya ada di power steringnya yaitu EPSnya mati. Saya udah pernah service di bengkel suzuki dan sudah pernah DP inden spare part EPS tersebut. Namun sudah 3 bulan barang tidak kunjung datang. akhirnya uang saya ambil kembali. Pertanyaan saya, apakah ada spare part EPS untuk karimun kotak GX tahun 2004? Atau bisa di "kanibal" dengan EPS karimun wagon ? atau bisa diperbaiki? mohon bantuannya ya, Trima kasih

    BalasHapus
  76. Salam kenal pak.nm saya pujo.mobil saya apv arena 2008.tipe gl.waktu saya isi bensin di spbu selalu petugasnya bilang'pak keluar anginnya trs shgga petugas pombensin harus selalu menganggkat gagangnya supaya bensin bisa turun ke tengkinya.kenapa ya....pdhl mesin sdh saya matikan.mhn pencerahan.terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  77. Permisi
    Saya py escudo 2.0i thn 2002
    Saya adamasalah dengan indikator bensin, indikator suhu n spedometer yag tidak berfungsi atau dalam keadaan mati
    Tp, stater, lampu utama, sein, hazard, lampu dlm kabin, music player n sistem alarm berfungsi dengan baik
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  78. Bapak admin,saya mau tanya, mobil saya jimny katana 83, mobil saya tidak bisa starter hanya ada bunyi "cek" setiap kali saya kontak dan rotax penghisap bensin masih menyala ketika kontak?
    kedua lampu indikator speedometer saya tidak menyala apa ini ada hubungannya dengan air hujan yang merembes kedalam mobil?
    bapak admin tolong minta solusi detailnya ke email saya muhamadagung87@gmail.com
    saya benar benar butuh infonya

    BalasHapus
  79. Maav pm sy mo nanya ttng baleno 97
    Awalnya sih cuman tersendat2 aja pas mesin panas, mirip klo businya udah mati
    Tp lama kelamaan malah males bangen bunyinya
    Dan sekarng udah ga bisa bunyi lg,
    Kira kira kendalanya dimana yah? Mohon bantu

    BalasHapus
  80. Mas mau nanya nie,,mobil ceilo 1994,saat jalan siang hari kira2 perjalanan 2 jam,pasti mobil ilang tenaga,ndut ndutan,juga,tapi setelah di matikan 10 menit,normal lagi,,kira2 penyakitnya apa yaa,,,suwun,

    BalasHapus
  81. mas mau nanya, mobil escudo x7 sya kalau pagi ngapain susah hidup, bawa ke bengkel katanya api kecil yg disebabkan distributornya rusak, apa iya mas, masalahnya sdh 2 minggu tetap apinya kecil juga

    BalasHapus
  82. Selamat siang mas,mohon ijin..
    Saya pnya mobil escudo xl7 thn 2004,saat ini saya dpat kendala dr master rem atas setelah ganti kampas rem depan belakang dan shell rem belakang,masalahnya sekarang rem nya anjlok kedalam,dan minyak rem menjadi warna coklat,saya servis ke suzuki dibilang harus ganti master rem atas.
    Pertanyaan yg saya ajukan:
    1.kenapa rem saya jd anjlok
    2.minyak rem mnjadi warna coklat
    3.apa betul master rem atas perlu diganti..
    4.dimana jual master rem atas escudo xl7 thn 2004 secara suzuki resmi juga tdk bisa menyanggupi akan stock barang tersebut.
    Mohon bantuan dan penyelesaian permasalahan yang saya hadapin sekarang.
    Trima kasih

    BalasHapus
  83. Selamat siang mas,mohon ijin..
    Saya pnya mobil escudo xl7 thn 2004,saat ini saya dpat kendala dr master rem atas setelah ganti kampas rem depan belakang dan shell rem belakang,masalahnya sekarang rem nya anjlok kedalam,dan minyak rem menjadi warna coklat,saya servis ke suzuki dibilang harus ganti master rem atas.
    Pertanyaan yg saya ajukan:
    1.kenapa rem saya jd anjlok
    2.minyak rem mnjadi warna coklat
    3.apa betul master rem atas perlu diganti..
    4.dimana jual master rem atas escudo xl7 thn 2004 secara suzuki resmi juga tdk bisa menyanggupi akan stock barang tersebut.
    Mohon bantuan dan penyelesaian permasalahan yang saya hadapin sekarang.
    Trima kasih

    BalasHapus
  84. Selamat siang mas,mohon ijin..
    Saya pnya mobil escudo xl7 thn 2004,saat ini saya dpat kendala dr master rem atas setelah ganti kampas rem depan belakang dan shell rem belakang,masalahnya sekarang rem nya anjlok kedalam,dan minyak rem menjadi warna coklat,saya servis ke suzuki dibilang harus ganti master rem atas.
    Pertanyaan yg saya ajukan:
    1.kenapa rem saya jd anjlok
    2.minyak rem mnjadi warna coklat
    3.apa betul master rem atas perlu diganti..
    4.dimana jual master rem atas escudo xl7 thn 2004 secara suzuki resmi juga tdk bisa menyanggupi akan stock barang tersebut.
    Mohon bantuan dan penyelesaian permasalahan yang saya hadapin sekarang.
    Trima kasih

    BalasHapus
  85. sy punya baleno 96,knp rpm nya lambat turun y?pd posisi idle 900,ac on 1000...wktu dpake jln,posisi ac off mau oper gigi injak kopling rpm tertahan di 1000,mesin jd meraung...throtel body udh dbrshkan,ttp aj g ad perubahan,konsumsi bbm jd boros,kira2 ap penyebab ny mas?ato isc ny udh lemah y?mohon pencerahan..trmksh

    BalasHapus
  86. Selamat malam, mohon izin/bantuan...
    Saya perlu diagram kelistrikan mobil futura 1300 th.1993 ?...jika ada yang berkenan membantu mohon bisa diupload atau kirim ke dwi_dtl@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
  87. Salamt malam saya butuh bantuan mas
    Mohon informasinya
    Saya punya mobil vitara 93 rpmnya mati sdh di cek kelistrikannya kabel2 normal semua....sebelum mati total rpmnya berjalan tp maksimal di 2000rpm mentok.
    Mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  88. Salamt malam saya butuh bantuan mas
    Mohon informasinya
    Saya punya mobil vitara 93 rpmnya mati sdh di cek kelistrikannya kabel2 normal semua....sebelum mati total rpmnya berjalan tp maksimal di 2000rpm mentok.
    Mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  89. Ass.wr.wb
    Salam kenal mas agus
    Saya mau tanya nih mas..
    Saya ada karimun kotak th 2000
    Speedometer mati,,tp anehnya odo meter dan Km jalan,,serta rpm juga jalan..kira2 ada masalah diapanya ya?trimakasih..

    BalasHapus
  90. Pagi pak. Sy pengguna baleno thn 2004. Awalnya pompa bensin gak jln. Sudah sy ganti pompa baru tp belum juga normal. Bensin jln cuma brapa detik saja dan lampu amper juga gak nyala.anehnya bensin gak mau jln terus cm brapa detik jln uda itu mati lg. Tolong bantuannya ya bos

    BalasHapus
  91. Pagi pak. Sy pengguna baleno thn 2004. Awalnya pompa bensin gak jln. Sudah sy ganti pompa baru tp belum juga normal. Bensin jln cuma brapa detik saja dan lampu amper juga gak nyala.anehnya bensin gak mau jln terus cm brapa detik jln uda itu mati lg. Tolong bantuannya ya bos

    BalasHapus
  92. selamat siang pak, sy penguna suzuki sidekick 97. mw nanya kenapa kalo mesin mobil dingin harus narik choke dlu biar rpmnya normal ..
    tapi kalo gak di tarik chokenya ,rpmnya turun, bahkan bisa mati mesinnya, ..
    kenapa ya pak? maksih..

    BalasHapus
  93. Mlm.sy py mobil suzuki baleno nextg thn 2006.begini kenapa selang radiator sy sering copot.memang sih radiatornya gk ory.apa itu penyebabnya?tmksh

    BalasHapus
  94. Mlm.sy py mobil suzuki baleno nextg thn 2006.begini kenapa selang radiator sy sering copot.memang sih radiatornya gk ory.apa itu penyebabnya?tmksh

    BalasHapus
  95. ass.. mas.bro..sy punya mobil katana tahun 1988..mobil nya susah di starter,,kemudian pas begitu hidup mesin terkadang mengeluarkan suara tak..tak..tratak,,,,,,

    BalasHapus
  96. Mau bertanya mobil avf kan abis ganti oli sama bersihkan kargo abis itu saya pake ternyata gambar mesin yang warna kuning masih hidup padahal mesin ya juga hidup .. Kenapa ya terima kasih..

    BalasHapus
  97. Mas mau tanya kenapa mobil futura 95 saya ndut2tan waktu gas rendah tetapi gas besar ndak masalah dia.

    BalasHapus
  98. pengguna sidekick juga th 97

    kayanya permasalahan hampir sama rpm yg turun klo ac nyala. Sekarang kondisi mobil saya bermasalah di pelampung bensin n karburator. Mungkin Pak agus ada rekomendasi bengkel spesialis karburator?

    BalasHapus
  99. Om maaf mau tanya sy pengguna suzuki esteem 1,6 GT...ko di mobil sy dekat pedal gas ada switch yang berhubungan dg ac pas mobil kondisi di hidupkan trs ac sy nyalakan begitu sy teken switch nya kompressor ac mati tapi bbrapa saat kemudian dia hidup lagi...pertanyaan nya itu sbtulnya apa mksud switch yg untuk mematikan kompressor di letakan dkt tuas pedal gas???
    Trims.

    BalasHapus
  100. om saya punya masalh sama suzuki sidekick sya klw ac di nyalkan mesin jadi overhad, tpi klau cuaca lgi hujan atau malam hari nga ada masalah om,, mohon dibalas om

    BalasHapus
  101. bang...mobil saya escudo nomade 1997..
    kendalanya air radiator sering keluar atau muntah dari selang pembuangan..tutup nta sdh diganti baru tp tetap kering.kebocoran tidak ada.

    BalasHapus
  102. bang...mobil saya escudo nomade 1997..
    kendalanya air radiator sering keluar atau muntah dari selang pembuangan..tutup nta sdh diganti baru tp tetap kering.kebocoran tidak ada.

    BalasHapus
  103. selamat siang mas,mobil saya new ertiga thn 2016,kendalanya ketika menginjak pedal kopling,lalu melepasnya terdengar suara decit,itu kenapa ya mas?lalu ac doubler blower sering terdengar suara decit juga,mohon solusinya trimakasih.

    BalasHapus
  104. boss, mau tanya dong. mobil sy Escudo th.2001, setiap hujan dlm keadaan berhenti pasti pada bagian bawah stir tergenang air cukup banyak. sy coba bawa kebengkel dan di check semua : saluran AC bagus ( tdk ada yg bocor ) / dibuka bag. depan kaca dan wipper semua kondisi bagus / tdk ada plat yg kropos. / bag. kaca demikian juga silentnya bagus. nah itu boss, kenapa ya..? anehnya klau dalam posisi parkir mobil berhenti saja air itu masuk ( menggenang ), justru dalam posisi jalan biar hujan deras dan bahkan jalanannya banjirpun itu tdk ada masalah ( tetap aja dibawah stir pengemudi dlm keadaan kering ). pada bag. atas termasuk talang air juga gak masalah, dlm keadaan rapi dan bagus. Sy mohon petunjuknya Bos, dan terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  105. Bos, mau nanya nih, dimana ya letak dongkrak manual pada mobil suzuki futura 2011,
    ban mobil bocor ditengah jalan, jauh dari bengkel. n kata temen2 kalau futura katanya ada dongkrak manualnya , di bawah kursi penumpang. tp di cek gak ada ketemu-ketemu gan..
    mohon pencerahnnya , thanks

    BalasHapus
  106. Mau tanya tadi sore saya starter mobil dengan posisi persneling gigi 3 tpi mesin tidak hidup krna loncat pas saya netralkan jg tidak hidup mesin nya hanya dinamo starter saja yg hidup setelah saya tanya mekanik saya ternyata blok mesin sedang dibongkar yang mau saya tanya kan dengan tindakan yg saya lakukan apakah ada pengaruh atau terjadi kerusakan dengan bagian mesin lainya mohon dijawab terima kasih

    BalasHapus
  107. Mau tanya tadi sore saya starter mobil dengan posisi persneling gigi 3 tpi mesin tidak hidup krna loncat pas saya netralkan jg tidak hidup mesin nya hanya dinamo starter saja yg hidup setelah saya tanya mekanik saya ternyata blok mesin sedang dibongkar yang mau saya tanya kan dengan tindakan yg saya lakukan apakah ada pengaruh atau terjadi kerusakan dengan bagian mesin lainya mohon dijawab terima kasih

    BalasHapus
  108. Saya mo tanya gan, kl setir suzuki swif cocok gak buat suzuki baleno 2001? Makasih

    BalasHapus
  109. elamat pagi pak agus...saya memiliki baleno dx tahun 97, kendala saya kadang-kadang gas meninggi sendiri naik turun kalo rilay sensor kipas radiator di cabut normal mas ,
    Balas

    BalasHapus
  110. lanjutan kalo posisi di langsungkan kipas radiator hidup terus apa kah bahaya ,RPM naik ,langkah apa yg harus saya cek trims atas informasi nya

    BalasHapus
  111. Mo tanya mas, mobil baleno 2001 saya, klo mesin hidup, lampu sein ikut nyala terus, klo di rem engine langsung mati. Saya telusuri kemungkinan dari pompa bensin, karena saat kontak on sesaat 4 dtk, saat pompa hidup, lampu sein ikut nyala, tapi setelah itu mati lagi. Kira2 hubungannya apa pompa dengan lampu sein,trus solusinya apa? Korsleting dimana?

    BalasHapus
  112. Assalamu'alaikum, mas saya punya futura 1.5 mau tanya tentang noken As yng baret gara2 oli tidak ada di ruang noekn as,trus kedudukqn noken as juga ikut baret.yg saya tanyakan bisa kah rumah noke as yqng baret di bubut ulang dan noken as di ganti yg baru.trims.di tunggu info jwbannya.

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum Mas saya punya mobil suzuki baleno tahun 1996 akhir, kendalanya setrum acu mobil sya cepat habis dalam hitungan jam,padahal aki nya masih baru untuk dinamo ampernya bagus,saya coba untuk audio sudah saya matikan atu di non pungsikan semua nya tapi masih tetap saja setrum nya habis habis juga, cuma setelah saya periksa alarem nya mati tidak berpungsi apa mungkin ada kongsleting dari alarem itu sendiri,trimakasih

    BalasHapus
  114. Selamat pagi mau tanya letak posisi minyak rem mobil utk carry futura grv dmn ya? terimakasih

    BalasHapus
  115. Selamat sore pak agus, saya mempunyai baleno next g 2003, permasalahan yang terjadi pada next g sya skrg adalah apabila tidak saya gas maka next g tersebut akan langsung mati, awalnya apabila ac on maka rpm tidak normal dan naik turun, setelah di servis normal hanya 1 minggu, dan sekarang malahan apabila tidak kita gas maka mesin akan langsung mati walaupun ac dlm keadaan of.bahkan posisi mau memanaskan pun harus di gas. Mnrt temen saya katanya sensor idle up. Benarkah permasalahannya di idle up tersebut. Terima kasih dan sukses selalu buat mas agus

    BalasHapus
  116. Salam kenal mas. Maaf numpang nanyak ya mas. Mobil saya vitara 93, masalahnya ketika diinjak pedal rem mengapa langsam mobil jd turun mas. Pada klo ga di injak pedal langsam normal. Ini terjadi ketika mobil dlm keadaan netral. Sblm dan sesudhnya makasih atas jawaban nya

    BalasHapus
  117. Maaf om ganggu saya punya mslh dengan suzuki aerio ... lampu indikator dashboard nyala
    ... di stater hidup pass jln 1km indikator kedap kedip sampe spedpmter nya jugaati trus mobil mati
    ... distater ga hidup2 n lampu dasboar mati semua ... kira kira penyakit nya apa yaa om ... thanks bls ke ngocols123@gmail.com
    ... thanks yaa om

    BalasHapus
  118. selamat sore pak, saya pakai neo baleno 2008.. yang jadi masalah adalah lampu indikator rem dan ABS suka menyala pada saat mesin hidup, akan tetapi akan kembali normal setelah kita diam kan/ matikan mobil. mohon pencerahanya pak kira kira apa maslahnya ya? Thanks Pak

    BalasHapus
  119. Bos..saya mau bertanya mobil saya pick up carry 1,5 karburator bermasalah pada filter minyak bos.filter minyaknya selalu berbunyi waktu mobilnya di hidupkan..Apa solusinya bos?

    BalasHapus
  120. Sore mas,,,
    Maaf ni mau nanya..
    Mobil saya APV THN 2005,kenapa ya lampu indikator aki selalu ngedip...dan rpm naik turun gak setabil..kalau buat nyodok selalu Endut endutan...tenaga kurang...
    Mohon solusinya

    BalasHapus
  121. Sore mas,,,
    Maaf ni mau nanya..
    Mobil saya APV THN 2005,kenapa ya lampu indikator aki selalu ngedip...dan rpm naik turun gak setabil..kalau buat nyodok selalu Endut endutan...tenaga kurang...
    Mohon solusinya

    BalasHapus
  122. Siang mas, maaf mau nanya, Mobil saya suzuki Baleno 1998
    Kendala :
    1. saat menghidupkan di pagi hari mesin terlalu langsam.
    2. saat menyalakan AC mesin bergetar.
    3. saat jalan yang agak jelek, stir bagian bawah ada bunyi kluk2.
    Mohon penjelasan, terima kasih

    BalasHapus
  123. Selamat siang Mas, maaf saya nanya, mobil saya suzuki ertiga tahun 2012. Sewaktu pagi ini, pas mobil mau distarter ( starter panjnag) mobil tidak menyala, kalo indikator mobil kedengaran pompa bensin juga nyala. kira kira penyebabnya apa ya, mohon infonya

    BalasHapus
  124. Selamat malam mas Agus, mobil saya R3 GL 2012. Pd saat jalan langsam 100kpj di tol tiba2 kecepatan turun tp tidak mati, di gas pun tidak rpm dan speed tidak bisa naik. Langsung sy ke minggir dan sya liat jarum speedometer nya tidak bergerak. Sampai sekarang kadang2 mesin suka seperti itu. Kira2 masalahnya ap ya mas.
    Sebelumnya trimakasih mas.

    BalasHapus
  125. Selamat malam mas Agus, mobil saya R3 GL 2012. Pd saat jalan langsam 100kpj di tol tiba2 kecepatan turun tp tidak mati, di gas pun tidak rpm dan speed tidak bisa naik. Langsung sy ke minggir dan sya liat jarum speedometer nya tidak bergerak. Sampai sekarang kadang2 mesin suka seperti itu. Kira2 masalahnya ap ya mas.
    Sebelumnya trimakasih mas.

    BalasHapus
  126. selamat siang mas agus,mas saya mau tanay,saya punya suzuki baleno tahun 97,yang saya mau tanyakan spedometer mobil saya koq tidak bisa jalan ya,trus kalau mau cek itu dibagian mana ya mas,thanks

    BalasHapus
  127. Selamat pagi semangat pagi pak agus,sy ingin bertanya suzuki aerio sy jk menginjak pedal rem lama rpm engine turun drop menjadi 200 rpm salah satu bagian apa yg problem pak agus?trimakasih

    BalasHapus
  128. Selamat pagi semangat pagi pak agus,sy ingin bertanya suzuki aerio sy jk menginjak pedal rem lama rpm engine turun drop menjadi 200 rpm salah satu bagian apa yg problem pak agus?trimakasih

    BalasHapus
  129. Om mau tanya stir gloyoran pada jimny 84 ban 30 itu dari laher kingpin atau dari shocksteer yg msh standard/kecil? Trims.

    BalasHapus
  130. Slam knal mas agus.sya punya carry 1,5 injeksi.keluhannya oli transmisinya kluar ke atas dek.seal sama bushingnya udah di ganti tpi msh bocor terus mohon solusinya mas.

    BalasHapus
  131. Slam knal mas agus.sya punya carry 1,5 injeksi.keluhannya oli transmisinya kluar ke atas dek.seal sama bushingnya udah di ganti tpi msh bocor terus mohon solusinya mas.

    BalasHapus
  132. Selamat Pagi Pa Agus, salam kenal, saya pakai sidekick thn 95, permasalahannya knp ketika mesin baru di starter rpm nya tetap 0, tetapi setelah digunakan berjalan baru rpm nya naik, jadi spt telat naik rpm nya, terimakasih

    BalasHapus
  133. Selamat Pagi Pa Agus, salam kenal, saya pakai sidekick thn 95, permasalahannya knp ketika mesin baru di starter rpm nya tetap 0, tetapi setelah digunakan berjalan baru rpm nya naik, jadi spt telat naik rpm nya, terimakasih

    BalasHapus
  134. Pa agus saya mau tanya , kenapa mobil baleno saya tahun 98 pada saat pagi pagi mobil itu seperti tidak ada lansamnya jadi harus di gas dulu sampe panas , terus kali sudah dingin 2 jam aja berhenti sama harus nunggu mesin panas dlu , mohon pencerahannya pa agus terimakasih

    BalasHapus
  135. Malam pa...
    Mau tanya...sya punya xl7 taun 2005..itu masih carburator kan ya?
    Hentakan tenaga pertamany kurang ok...klo sya mau coba semprotkan carbu cleaner di carbunya apakah menolong?kalo ya jwb bp saranya carbu cleaner merek apa pa?
    Trims responya...salam

    BalasHapus
  136. Pagi pak...
    Saya mau tanya..!
    Saya Punya mobil Baleno 1997 1,6. Masalahnya Mesin sering mati sendiri. Begini Pada saat jalan pertama kira2 jarak mencapai 4-5 Km mesin mati sendiri setelah berhenti kalau langsung distater tidak bisa menyala harus ditunggu 3-5 menit baru bisa hidup kembali. setelah jalan kurang lebih 2-3 Km mati lagi dan begitu terus berulang2..
    Awal sebelum masalah terjadi :
    1. Aki ngedrop. Tindakan saya=> Aki sy cabut dan dices, selesai saya pasang, ternyata tidak hidup sy panggil mekanik katanya bbm tidak naik.
    2. Saya tarik ke bengkel mobil. setelah di coba dengan aki yg lain mau menyala. beres..
    3. Besoknya baru masalah diatas datang dan bertambah indikator aki dan check engine nyala terus serta Ac jadi tidak dingin.
    4. Saya bawa kebengkel lagi diganti pompa minyak, ac dinamo ganti Juga, sudah. ternyata tetap saja masalah diatas terjadi.

    SAya jadi bingung apa masalahnya kok sebentar mati sebentar mati.. sdah 3 bengkel sy datangi tetap bingung.. Mohon kiranya saya diberi Pencerahan cara menanganinya.. karena di tempat saya palangkaraya agak susah cari bengkel yg spesialis.. Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah Nya SAMa,,
      Kaya punya saya pak
      Baleno 2001,,
      Jadi pas Pagi stater normal
      Tpi Kalo Sudah jalan,, terutama RPM rendah, pas kompling tau-tau mesin Mati, langsung distater mesin susah hidup, mesti nunggu Jeda sebentar,, dan itu berulang,,
      Kira 2 bapak Sudah tau,, penyebanya? Kalo Sudah Mohon pencerahanya,, terima kasih

      Hapus
  137. Bos saya pakai swiff mau tanya bos awalnya lighter/pemantik rokok sya macet susah keluar trus saya tarik sdikit ehh tauny lighter gak hidup trus jam digital dan pemutar music jg mati tp yang lainny normal tlong kasih solusi krn dealer suzuki ditempat saya gak ada trims

    BalasHapus
  138. Saya tanya masalah suzuki baleno thn1997 api coil dan injektornya cuma ada sebentar 2kali kedip

    BalasHapus
  139. Assalammualaikum mas, saya mau tanya ni mobil saya Escudo 2.0 thn 2001,masalah nya di roda depan sebelah kiri mas kalau di belokin selalu bunyi nyit nyit kyk berkarat gitu mas, mofon bantuan nya mas.

    BalasHapus
  140. Selamat Sore Mas Agus,

    Mohon Wejangannya, saya punya apv type x matic 2006, rpm naik turun, setelah di cek ternyata ada kabel busi yang retak, setelah di cek dan diganti satu set ( 2 Kabel busi dna 2 koil) ternyata hasilnya masih sama rpm nya, mohon
    pencerahan

    BalasHapus
  141. Pagi mas , saya py mobil baleno tahun 97 , ada keluhan di mobil saya . Baleno saya klu di gigi 3 &4 suka bunyi sreg...sreg ...sreg. Pas di gas makin cepat bunyinya, klu gas dlepas ilang bunyi nya. tp pas saya injek kopling sambil injek gas suara sreg...sreg...sreg nya ilang kadang lebih lembut bunyi sreg ...sreg pd saat kopling di injek.kira2 apa mas ? Makasih

    BalasHapus
  142. Pagi mas , saya py mobil baleno tahun 97 , ada keluhan di mobil saya . Baleno saya klu di gigi 3 &4 suka bunyi sreg...sreg ...sreg. Pas di gas makin cepat bunyinya, klu gas dlepas ilang bunyi nya. tp pas saya injek kopling sambil injek gas suara sreg...sreg...sreg nya ilang kadang lebih lembut bunyi sreg ...sreg pd saat kopling di injek.kira2 apa mas ? Makasih

    BalasHapus
  143. Admin nya mana nih? Sudah gak aktif kayanya.Sayang. Padahal banyak yang nanya.

    BalasHapus
  144. agan2 semua ,saya mau tanay ada yang punya kabel atau conector untuk tape kenwood dpx 3050 punya baleno 97,soalnya punya saya hilang,trims,atau email ke tio.whn@gmail.com

    BalasHapus
  145. mas mau nanya kabel lampu yang dari saklar itu warnanya apa yaa???

    BalasHapus
  146. maaf gan saya mau tanya2,sya pake escudo gen 1 terus RPM nya ga jalan,kira2 bisa dibenerin ga gan mohon pencerahannya ga........

    BalasHapus
  147. Selamat sore pak,,,
    Saya pemakai baleno 2001
    Masalah mobil
    Awalnya jalan rada sendat Pas RPM rendah
    Pas mulai kemarin kalau lagi jalan RPM rendah terus tekan kompling mau oper porsleneng naik / turun mesin tiba" Mati/ check engine nyala,, nanti distater mesin ga MAU hid up nunggu beberapa menit baru stater hidup,, nanti kejadianya seperti itu Lagi,, mohon pencerahanya,,,

    BalasHapus
  148. Pak Agus,maaf mau nanya suzuki baleno th 2000 saya jarum speedometernya mati tapi odometernya normal,ada yg ngasih info klo sensor VSSnya rusak,apa ada cara untuk menguji VSS rusak apa ngga,kalo letak VSS suzuki baleno itu di sebelah mana,mohon petunjuknya terima kasih.(AGUS HARYONO)

    BalasHapus
  149. Pagi masboss...kabel switch lampu hazard itu warna apa ya boss..mau saya paralel dengan central lock boss...mobil pu suzuki futura...thx

    BalasHapus
  150. Pa agus mau nanya utk neo baleno 2008 apakah radiatornya boleh dicampur dgn air destilasi dicampur collant dari suzukinya?saya takut salah..terima kasih

    BalasHapus
  151. Pa agus mau nanya utk neo baleno 2008 apakah radiatornya boleh dicampur dgn air destilasi dicampur collant dari suzukinya?saya takut salah..terima kasih

    BalasHapus
  152. ass. pak agus saya mau tanya mobil saya escudo nomade 97 saya mau menanyakan beberapa pertanyaan : 1.kenapa mobil saya kalau tanjakan atau klo kena jalan berlubang selalu bunyi grek2. 2. lampu wizard kdang2 hidup sendiri tpi agak cepat kedipx. 3.kenapa kadang alarmx bunyi sendiri sedangkan pintu sdh tertutup rapat smua? terima kasih

    BalasHapus
  153. Numpang tanya pak, kalo jarum rpm katana tahun 94 sering naik turun waktu mobil jalan (rpm sekitar 3000) tapi jalan mobil normal dan waktu naik turun disertai bunyi mendesis (zzzz), penyebabnya apa sih pak? mohon solusi dari bapak, biar nggak ketipu bengkel lagi..

    BalasHapus
  154. Numpang tanya pak, saya baru dapat Neo Baleno 2008, sering ndut2an biasa di gigi 2 dan 3 jg sempat muncul indikator mesin nyala dan berkedip trus hilang sendiri, sy bawa ke beres katanya sensor gas buang tp msh bisa dihapus di komputer jd yg diganti hanya kampas kopling lengkap. Keluar bengkel endut2 nya sempat hilang trus kambuh LG, apa ada kaitan antara sensor td dengan gejala Ndut tersebut? TKS.

    BalasHapus
  155. Numpang tanya pak, saya baru dapat Neo Baleno 2008, sering ndut2an biasa di gigi 2 dan 3 jg sempat muncul indikator mesin nyala dan berkedip trus hilang sendiri, sy bawa ke beres katanya sensor gas buang tp msh bisa dihapus di komputer jd yg diganti hanya kampas kopling lengkap. Keluar bengkel endut2 nya sempat hilang trus kambuh LG, apa ada kaitan antara sensor td dengan gejala Ndut tersebut? TKS.

    BalasHapus
  156. siang pak, mau nanya, mobil escudo saya jika jalan menurun dalam kecepatan 50-60 km, ada kresek kresek seperti gesekan si bawah kendaraan, bunyi apakah itu pak? apakah as kopelnya yg bermasalah? kalo iya, brp kira2 harga as kopel utk suzuki escudo?
    mohon dijawab ya pak. terima kasih sbelumnya pak.

    BalasHapus
  157. swlamt malam mas saya punya suzuki.baleno tahun 2000, masalah yang saya hadapi apabila, mobil sdh berjalan 1jam rpm akan.ngedrop bahkan sampai mesin mati, tapi kalau di start kembali gampang hidupny, dan harus di matikan dlu mesin nya selama 1 jam baru jalan kembali normal dan stelah 1 jam berjalan akan mengulang lagi masalahnya..
    mohon petunjuk mas

    BalasHapus
  158. Assalamualaikum mas agus,salam kenal yaa.. Mobil ane suzuki sidekick 95,tempo hari di pinjem teman dan mengalami putus timing belt trus dia baikin entah kebengkel mana sebelum dibalikin. Yang jadi permasalahannya saat ini mobil jadi ga enak bawaannya,ga ada tenaga ketika tanjakan,trus kalo masuk gigi 2 ditanjakan langsung hilang tenaga meski di gas full..terpaksa pake gigi 1 tiap tanjakan.. Apanya ya mas agus yg perlu diberesin di mobil ane ni?

    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  159. Assalamualaikum mas agus,salam kenal yaa....
    mobil saya apv arena 2013
    Kerusakan yg pernah dialami :
    1. filter Oli Bocor kena batu "done"
    2. getaran pada saat stater > ganti engine mounting "done"
    3. ndut ndutan pada rpm rendah di gigi 3,4,5 "not Done" ampe skrng msh gitu meski sudah ganti busi
    4. permasalahan baru....ketika putaran tinggi kisaran 90 ke atas di dalam kabin itu terdengar suara mendengung (seperti suara di bagian mesin)sampe' music yg volumenya kenceng pun nyaris tak terdengar..ketika di dengar diluar pada saat langsam terdengar suara trek 10 detik kedepan bunyi lagi trek,trek,trek

    Mohon bantuannya om?kira' mobil ane mengalami kerusakan seperti apa om pada point 3 dan 4

    BalasHapus
  160. Malem mass salam kenal
    Mas saya mau tanya
    Aerio saya klo posisi diem/idle ac hidup dia brebet....terlebih jalanan macet....sering kumat...kata nya sensor IAC Valve nya bermasalah....
    Saya sudah ganti busi,koil,radiator pula mas...
    Mohon petunjuk

    BalasHapus
  161. Dear pak Agus
    Alternator ertiga berapa ampere?
    Mohon informasinya.
    Accu standar ertiga 34b19L, kl dipasang yng 36b20L apakah tdk merusak komponen yang lain??
    Terima kasih.

    BalasHapus
  162. master mau tanya saya punya baleno th 2000 peed sensor udah ganti baru tetapi jarum spedometer tetap mati trs cek engine kadang nyala kadang enggak kira kira apanya master mohon pencerahanya

    BalasHapus
  163. Master mau tanya lampu indicator abs mobil escudo tahun 2003 begitu di stater menyala sejenak terus padam tapi pada waktu mobil jalan lampus indicator abs menyala kemudian pada waktu mobil berhenti lampu indicator abs padam.. menurut master apa yang bermasalah? Kabel-kabel aman semua.. terima kasih

    BalasHapus

Mari kita berkomentar yang baik dan membangun

Permohonan Maaf

Yaruki.... Mohon maaf yang sebesar besarnya atas keterlambatan jawaban pada Kolom Tanya Jawab dan diskusi, namun demikian kedepannya saya ...