Selasa, 24 April 2012

Engine mogok dan Kapur barus


service mobil,suzuki mobil,mobil suzuki,dealer mobil suzuki,grand vitara,suzuki baru,mobil baru suzuki,suzuki mobil baru
Engine Suzuki SL415EUII
Yaruki !!!

Hallo sahabat suzuki, hari ini penulis ingin berbagi pengalaman mengenai problem SL415U2 (Futura 1,5 Injection Euro II ).
Hari ini penulis di ajukan pertanyaan via YM dari salah satu sahabat suzuki, pertanyaannya begini " pak mobil saya mogok, terus kaya tidak ada bahan bakar menyemprot, kira kira apanya ya?".
dari pertanyaan tersebut saya ingin sedikit mengulas tentang problem engine pada SL415 (Futura 1,5 injection euro II), pada dasarnya engine dari type mobil ini sudah sangat baik dan hampir gak ada kekurangannya, hanya saja yang sering menjadi problem adalah dari pemilik kendaraan sendiri, kenapa demikian?



dari keluhan keluhan yang di sampaikan dan dari analisa yang telah dilakukan problem ini lebih sering di sebabkan wiring harnes yang konsleting, kemudian apa hubungannya dengan mobil mogok?, hehehehe sabar dulu ya,  dari tes, uji dan analisa ternyata kendaraan dengan engine type ini sering sekali menjadi tempat tikus bersemayan ( hehehe  bersarang kaliiee), karena kontruksi dari engine ini sangat strategis, apalagi jika pemilik kendaraan agak kurang memperhatikan kebersihan, dalam hal ini kebersihan kendaraan nya maupun lingkungan tempat kendaraan di garasikan, sehingga tikus dapat masuk dan menggerogoti kabel harness yang ada di dekatnya, kaitannya dengan pertanyaan sahabat suzuki tadi ialah tikus menggerogoti kabel harness pada system bahan bakar sehingga harness konsleting akibatnya pompa bahan bakar tidak berfungsi dan bahan bakar tidak dapat di suplai ke engine.
Tikus ini bisa saja menggerogoti semua yang ada di dekat dia tinggal, kecuali engine blok atau sesuatu yang bersifat besi tentunya. jadi bukan kesalahan pabrik atau kesalahan bengkel melainkan kesalahan pemilik kendaraannya yang tidak mengindahkan kebersihan.
"trus gimana donk klu tempat kita dekat pembuangan sampah?"
Wah, jadi temen tikus donk ? hehehehe ( bercanda ya ), jangan khawatir, bagi anda yang super sibuk dan memang tidak bisa menghindari untuk masuknya tikus, ada sedikit tips dari penulis.
Dari pengalaman penulis, tikus dapat di usir dan bahkan mereka enggan mendekatinya apa itu?? ya, itu adalah kapur barus.
anda tahu bukan kapur barus?? kalau orang jawa bilang kamper biasanya bentuknya bulat atau biji biji, biasanya dipakai buat mengusir bau pada mayat, namun sekarang sudah banyak kamper modern alias tidak lagi hanya dipakai buat mayat tersebut.
Nah anda bisa taruh kamper atau kapur barus tersebut di area dimana tikus bisa bersarang pada mobil anda, mudah mudahan tikus gak lagi bisa bersarang.Semoga bermanfaat!sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Yaruki !!!

 

2 komentar:

  1. pak, saya punya suzuki futura 1.5
    ketika saya cek pake scanner tapi tidak mau nyala scanernya. padahal mesin sudah nyala. mohon pencerahannya. trimss...

    BalasHapus
  2. Siang Pak, mobil saya Escudo 1.6 tahun 2004, awalnya menetes bensin di knalpot bahkan berasap putih, saya coba ganti busi dan Koil tetap tidak ada perubahan.

    Akhirnya saya bersihkan Nozzel, ternyata Nozzel 4 bila kontak On bensin keluar seperti lidi (tidak ngembun) dan saya coba ganti ganti tempat nozellnya (Nozzel 1 yg ngembun saya kasih diposisi Nozzel 4 namun tetap ngompol diposisi 4 itu.

    Karena tidak ada perubaha Akhirnya saya panggil bengkel, dan membersihkan bambu nozzelnya (nozzelnya semua Bagus) dan dibersihkan semua hingga samapi mengganti paking daksel.

    Ternya tidak ada perubahan, bahkan kondisi saat ini aliran api apa posisi busi 1 dan 4 tidak keluar api. Berkenan petunjuk ya Pak.

    BalasHapus

Mari kita berkomentar yang baik dan membangun

Permohonan Maaf

Yaruki.... Mohon maaf yang sebesar besarnya atas keterlambatan jawaban pada Kolom Tanya Jawab dan diskusi, namun demikian kedepannya saya ...