Sabtu, 21 April 2012

Self service


mobil suzuki,suzuki mobil,service,service mobil, dealer mobil suzuki,grand vitara,suzuki baru,mobil baru suzuki,suzuki mobil baru
Bengkel Suzuki
Yaruki!!!!
Hallo sahabat suzuki, bagaimana kondisi kendaraanya sekarang?? sudah lakukan perawatan berkala belum?? Oke selalu bukan kendaraannya??.

Baiklah, seperti yang penulis janjikan kemarin mengenai pembahasan SELF SERVICE, penulis akan coba mengulas tentang self service.
Dalam perawatan kendaraan tentunya tidak semua orang bisa dan mampu melakukannya sendiri sehingga harus datang dan meminta bengkel resmi untuk melakukannya.
Pertanyaannya, bagaimana dengan pemeriksaan yang ringan saja? Masa harus ke bengkel juga,,,kemudian bagaimana dengan orang yang gak punya waktu alias super sibuk? Mana ada waktu ke bengkel,,,nah oleh karena hal tersebut, sebenarnya ada pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri dan tidak menyita waktu hanya beberapa point yang sangat penting dari kendaraan kita yang bisa kita lakukan sendiri pengecekannya, kami di suzuki terutama di workshop sering kami namakan self service, Apa sih self service itu???
Ya, dari namanya juga kita pasti sudah menduganya, self service adalah pekerjaan ringan atau pemeriksaan ringan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan sendiri.
 Berikut adalah pekerjaan dari self service tersebut :

1.Pemeriksaan oil engine
Jangan remehkan kondisi oil engine ini, sudah banyak kasus fatal yang terjadi gara gara oil engine kurang, Anda tahu?? fungsi engine oil bukan cuma melumasi bagian bangian terpenting dari kendaraan tapi menjadi pembersih sekaligus pendingin engine.
Dalam oil selain mengandung base oil juga terdapat zat detergen yang berfungsi membersihkan permukaan yang di laluinya, anda ingin bukti?? coba anda perhatikan, jika setelah anda mengerjakan pekerjaan bengkel pastinya tangan anda kotor, cobalah tangan anda yang kotor gosok dengan oil, tangan anda yang anda gosok akan besih, hanya saja akan tampak mengkilap karena masih terdapat base oil (oil film) yang melumasi.

2.Pemeriksaan minyak rem (brake fluid)
Seperti anda ketahui rem adalah nyawa dari pengemudi, sehingga selalu pastikan bahwa minyak rem dan kerja system rem dalam kondisi prima, jika kurang tambahkan minyak rem yang sama jenisnya, untuk produk suzuki kami menyediakan brake fluid DOT 3 berwarna bening/gak berwarna. Satu hal dari minyak rem ini adalah jangan mencampur minyak yang tidak sejenis walaupun sesama DOT 3, hal ini di karenakan zat pewarna dalam minyak tidak sama sehingga senyawa tidak dapat tercampur dengan baik. Pada akhirnya akan merusak karet rem dan menjadi bocor.

3.Pemeriksaan minyak kopling ( clutch fluid)
pemeriksaan ini hampir sama dengan pemeriksaan minyak rem pada bahasan sebelumnya, namun tidak semua kendaraan suzuki terutama yang memakai kopling system fluida namun memakai cable clutch.

4.Pemeriksaan air radiator
Sering kita mengabaikan system yang satu ini, padahal system ini juga sangat penting. Yang harus kita perhatikan adalah cek kapasitas air radiator cukup atau kurang, jika kurang tambahkandengan air yang netral dengan kata lain air yang tidak mengandung kapur atau garam, disarankan agar memakai air radiator yang telah di campur dengan coolant, sekarang ini telah banyak di jual di toko toko air radiator yangtelah di campur dengan coolant (mix coolant), sehingga kita juga dapat menyediakan selalu air coolant ini.
Peringatan : Jangan membuka tutup radiator dalam keadaan engine panas.

5.Pemeriksaan battery ( accu)
Battery adalah salah satu hal yang terpenting, sebab jika battery rusak(soak) atau low batt percayalah anda akan sangat kerepotan karena harus dorong kendaraan setiap anda mau starting engine, padahal pemeliharaan battery ini cukup simple. Dari pengalaman penulis, 90 % kendaraan mogok disebabkan battery rusak atau battery low(soak). Battery ada 2 macam yaitu battery kering dan battery basah.
Berikut cara pemerliharaannya :
a. Battery basah
Perhatikan kondisi air battery(kapasitas) pastikan dalam kondisi upper level, jika kurang (low level)tambahkan dengan air accu tambah(air sulingan) bukan dengan electrolyte (accuzur), tambahkan sampai batas upper level, isi atau tambahkan air accu dengan kondisi battery dingin(dibawah temp.30 derajat celcius) atau sebaiknya pagi hari sebelum kendaraan di hidupkan.
Pastikan kepala battery (terminal battery)tidak longgar, jika longgar kencangkanlah sebab hal ini akan menghambat pengantaran arus listrik dari dan menuju battery.
b.Battery kering
Pada battery kering tidak terlalu banyak pemeriksaan cukup cek kapala battery (terminal battery) tidak longgar.

Nah, sobat suzuki sekalian, mudah bukan???
semoga hal ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian terutama yang super zuper zibuk.hehehehehe :-), sekian sampai jumpa samapi ketemu di bahasan selajutnya.

Yaruki !!!

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Om ..sy punya unit grand Vitara yg 2.0 th 2007..akhir2 ini sering olinya berkurang...dan pertanyaan sy kalo kita ganti ring pistonnya yg baik dikasih jarak BRP...dan asli gap ring bawaan mobilnya BRP om ..biar nggak salah beli ring piston

      Hapus

Mari kita berkomentar yang baik dan membangun

Permohonan Maaf

Yaruki.... Mohon maaf yang sebesar besarnya atas keterlambatan jawaban pada Kolom Tanya Jawab dan diskusi, namun demikian kedepannya saya ...